UMM Institutional Repository

Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah

DWIONO, MARTINUS KRISNU SETIO (2015) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-martinuskr-40083-1-pendahul-n.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-martinuskr-40083-2-babi.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan wadah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan secara terstruktur, sistematis dan memiliki tujuan yang jelas. Struktur manajemen, prosedur kerja, dan sistem yang dibangun untuk menjalankan seluruh roda manakemen sekolah demi mengejar tujuan tersebut. Terkait dengan proses manajemen pendidikan tersebut, terdapat dua arus pemikiran besar yang saling bertentangan. Kelompok pertama meyakini bahwa dalam proses merancang sistem manajemen, strategi pendidikan, dan objek pendidikan dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki karakter yang kuar dan fokus pada tujuan. Sedangkan, kelompok kedua meyakini bahwa efektivitas manajemen pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah, melainkan banyak faktor yang terlibat di dalamnya. Dalam konteks manajemen pendidikan inilah, peneliti memandang penting untuk mempelajari lebih jauh tentang korelasi antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan seluruh subjek yang terkait dengan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas kinerja guru. Adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalah para guru sekolah menengah pertama di Yayasan Karmel-Malang, dengan proporsi masing-masing sampel 100% dari 25 kepala sekolah dan 82% dari 275, sehingga diperoleh jumlah responden 25 kepala sekolah dan 225 guru yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mengumpulkan tiga variabel data, yakni: (1) tipe kepemimpinan kepala sekolah, (2) respons guru terhadap tipe kepemimpinan kepala sekolah, dan (3) kualitas kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tipe kepemimpinan kepala sekolah dari 25 sekolah menengah pertama di Yayasan Karmel-Malang, yakni 33% dari 25 kepala sekolah memiliki perpaduan antara tipe kepemimpinan otokratis dan laizzes faire; 26% dari 25 kepala sekolah memiliki tipe kepemimpinan demokratis; dan 41% dari 25 kepala sekolah memiliki tipe kepemimpinan laizzes faire. (2) Tipe kepemimpinan kepala sekolah tidak berkorelasi secara signifikan terhadap respons guru, korelasi keduanya sangat lemah. (3) Tipe kepemimpinan kepala sekolah memiliki korelasi tidak signifikan dengan kualitas kinerja guru dan relatif sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah bukanlah satu-satunya faktor yang paling menentukan dalam struktur manajemen sekolah dan bagi kualitas kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:48
Last Modified: 31 Mar 2016 09:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo