UMM Institutional Repository

PERSEPSI PEMUDA TANI TERHADAP AGRIBISNIS SAPI PERAH RAKYAT (Studi Kasus di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu)

SUSANTO, ADI (2015) PERSEPSI PEMUDA TANI TERHADAP AGRIBISNIS SAPI PERAH RAKYAT (Studi Kasus di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adisusanto-40078-2-babi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adisusanto-40078-1-pendahul-n.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan persepsi serta faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pemuda tani terhadap pelaksanaan agribisnis sapi perah rakyat di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Materi penelitian adalah 30 orang petani peternak anggota kelompok tani peternak sapi perah di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu yang mempekerjakan pemuda tani dalam usahataninya. Variabel yang diamati adalah variabel bebas yang terdiri dari karakteristik individu dan meliputi a) umur, b) tingkat pendidikan, c) pengalaman, d) jenis pekerjaan, e) aktifitas dalam pertemuan kelompok, f) tingkat keterlibatan pemuda tani dalam kegiatan agribisnis sapi perah, g) keikutsertaan dalam pengambilan keputusan usahatani keluarga. Sedangkan variabel tak bebas adalah persepsi pemuda tani terhadap pelaksanaan agribisnis sapi perah rakyat. Data diperoleh menggunakan perangkat kuesioner berdasarkan skala Likert dengan range skor 3, 2 dan 1. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji statistik menggunakan metode korelasi rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, a) Pemuda tani memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan agribisnis sapi perah rakyat di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Sebagian besar pemuda tani berpendapat bahwa harus dilakukan upaya perbaikan pengelolaan agar usahatani sapi perah yang dijalankan dapat lebih meningkatkan pendapatan keluarga, b) Faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi pemuda tani terhadap pelaksanaan agribisnis sapi perah rakyat di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu antara lain adalah: tingkat keterlibatan dalam kegiatan agribisnis, tingkat pengalaman, aktifitas dalam pertemuan kelompok, dan keikutsertaan dalam pengambilan keputusan usahatani keluarga. Oleh karena itu disarankan agar selalu mengikutsertakan pemuda tani dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tani, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berusahatani. Sehingga dengan demikian mampu mendongkrak aktifitas usaha sapi perah lebih menguntungkan bagi keluarga, dan yang lebih penting lagi, pemuda tani tidak lagi menginginkan pekerjaan di kota besar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:47
Last Modified: 31 Mar 2016 09:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo