UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMISKINAN MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DESA SEKARAN KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR

Kristiyoningsih, (2015) ANALISIS KEMISKINAN MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DESA SEKARAN KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kristiyoni-40079-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kristiyoni-40079-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Kemiskininan adalah kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang berada pada kondisi ekonomi yang terbatas atau lebih rendah dari orang atau kelompok lainnya. Rendahnya kondisi ekonomi tentunya akan berdampak buruk terhadap kesejahteraan hidup orang tersebut. kemiskinan merupakan masalah multidimensi yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Kemiskinan bersifat mutlak apabila didasarkan pada perhitungan yang menjadi standart kemiskinan tertentu. Namun kemiskinan dapat bersifat relatif karena persaan seseorang, seorang merasa miskin dalam kelompoknya belum tentu menjadi miskin apabila berada dalam kelompok lain. Standart miskin di perkotaan tentu berbeda dengan miskin di desa. Secara umum Masyarakat desa hutan yang tinggal bersinggungan dengan batas-batas hutan seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah untuk kesejahteraan hidupnya. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia di hutan sebagai pemenuh segala kebutuhannya mulai dari bahan makanan hingga membuat rumah. Penelitian dilakukan dengan mengamati kegiatan masyarakat miskin, mulai dari bagaimana mereka memanfaatkan sumberdaya hutan, berapa penghasilan dan pengeluaran yang dikeluarkan persatuan waktu. Perilaku keluarga miskin juga menjadi perhatian utama dengan demikian maka dapat diketahui faktor kemiskinann yang diakibatkan oleh kebiasaan individu mulai dari rendahnya etos kerja, sifat malas, perilaku konsumtif dan perasaan pasrah yang pada akhirnya membentuk budaya malas. Sedangkan hubungan antara masyarakat dengan pihak pengelola hutan dilihat dari bagaimana kebijakan yang diterapkan terhadap masyarakat desa hutan. Sampel penelitian sebanyak 65 orang responden diambil secara acak dari pesanggem yang ada di Desa Sekaran. Sampel penelitian mengisi kuisioner sesuai tingkat setujunya terhadap pernyataan yang diajukan. Data kuisioner didapat berupa data skala likert dalam bentuk data ordinal yang Lebih lanjut untuk mengubah data ordinal menjadi data interval menggunakan Method of Sucessive Interval (MSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin rendah kondisi sosial ekonomi masyarakat maka akan semakin besar tingkat ketergantungannya akan sumberdaya hutan. Ketersediaan sumberdaya hutan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat desa hutan. Adapun berdasarkan hasil analisis faktor setidaknya ada tujuh faktor utama penyebab kemiskinan masyarakat. Rendahnya partisipasi dalam kelembagaan, rendahnya etos kerja, penerapan kebijakan yang belum sepenuhnya memihak pada masyarakat sekitar hutan, keterbatasan Penggunaan tekhnologi, kurangnya kesadaran menjaga kelestarian hutan, faktor adanya anggapan bahwa miskin adalah kondisi yang harus dijalani dan tingginya ketergatungan pada sumberdaya hutan. Sehingga kemiskinan yang terjadi bersifat natural, structural dan kultural.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:45
Last Modified: 31 Mar 2016 09:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo