UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMASARAN KENTANG (Solanum Tuberrosum L) DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

SOFIASTINI, TANTRI (2015) ANALISIS PEMASARAN KENTANG (Solanum Tuberrosum L) DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tantrisofi-40080-2-babi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tantrisofi-40080-1-pendahul-n.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Kentang merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan merupakan alternatif makanan yang mampu mensubstitusi kebutuhan makanan pokok masyarakat di Indonesia. Di Kota Batu kentang merupakan salah satu komoditi unggulan yang mampu memberikan nilai tambah bagi petani maupun bagi masyarakat Kota Batu. Desa Tulungrejo merupakan salah satu sentra produksi kentang yang besar di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemasaran, lembaga pemasaran yang berperan dalam distribusi kentang, margin pemasaran yang diperoleh oleh petani dan pelaku pemasaran, serta elastisitas transmisi harga kentang di Desa Tulungrejo Kota Batu. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dan metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive. Dari data yang diambil akan diperoleh besarnya margin pemasaran, share harga dan ratio keuntungan dari masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar petani di Desa Tulungrejo menggunakan jasa lembaga pemasaran untuk memasarkan kentang supaya sampai ke tangan konsumen. Sebagian besar petani kentang di Desa Tulungrejo yaitu 96.64 % petani responden menggunakan jasa lembaga pemasaran dalam menjual hasil panennya, sedangkan sisanya yaitu 3.34 % tidak menggunakan jasa lembaga pemasaran melainkan langsung menjual hasil panennya kepada konsumen. Distribusi marjin pemasaran yang terbesar adalah pada saluran ke tiga dengan rantai pemasaran Petani – Pedagang pengecer, yang dikarenakan petani kentang tidak menggunakan jasa lembaga pemasaran dalam menjual hasil panennya sehingga biaya pemasaran yang dikeluarkan menjadi kecil dan petani bisa langsung menjual kentang dengan harga yang relatif tinggi karena di daerah penelitian merupakan salah satu dataran tinggi di Kota Wisata Batu yang banyak digunakan untuk berwisata. Hasil analisis elastisitas transmisi harga petani kentang di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji mempunyai nilai 0,197 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan harga konsumen sebesar Rp 100,- maka akan diteruskan kepada petani sebesar Rp 19,7,-

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:43
Last Modified: 31 Mar 2016 09:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo