UMM Institutional Repository

Kebijakan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik di SMA Negeri 1 Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah

Ilihelu, Seniman (2015) Kebijakan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik di SMA Negeri 1 Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-senimanili-40155-1-pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-senimanili-40155-2-babi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-senimanili-40155-1-pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi Pedagogik guru memprioritaskan kepada aktifitas pembelajaran berkualitas sehingga hasil pendidikan siswa menjadi semakin baik. Kebijakan peningkatan kompetensi pedagogik Guru bersertifikat pendidik oleh sekolah SMA Negeri I Tehoru diharapkan mampu meningkatkan Kualitas pendidikan pada tingkat sekolah dan Nasional baik kualitas Guru maupun Siswa (UU No. 20 Tahun 2003 (pasal 3/Sisdiknas). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan kebijakan peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru bersertifikat pendidik, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru bersertifikat pendidik, mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kebijakan peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru bersertifikat pendidik di SMA Negeri I Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya dilandaskan pada model Deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data primer antara lain observasi, wawancara, dan diskusi terfokus. Informan dalam Penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri I Tehoru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan/ validitas data yang digunakan adalah menggunakan Teknik Trianggulasi dan Member chek. Teknik analisis data adalah Deskriptif kualitatif. Aktifitas setelah data diperoleh adalah dianalisis melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Guru bersertifikat pendidik di SMA Negeri I Tehoru memiliki kemampuan menyusun perangkat pembelajaran dengan baik dengan mempertimbangkan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Implementasi kebijakan peningkatan kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik di SMA Negeri I Tehoru sudah dilaksanakan secara sistematis dan terencana. Guru menunjukkan peningkatan positif di dalam mengelola pembelajaran di kelas. Dengan demikian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah Motivasi dari para guru bersertifikat pendidik untuk membuat perencanaan awal sangat mempengaruhi proses pencapaian prestasi guru dan siswa, peran serta sekolah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan berkualitas, tanggung jawab moril dari setiap guru bersertifikat pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi, khususnya kompetensi pedagogik mutlak mendapat perhatian utama.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:40
Last Modified: 31 Mar 2016 09:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo