UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL IZZAH INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IIBS) KOTA BATUNG

FACHRUDIN, MUHAMMAD IMAM (2015) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL IZZAH INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IIBS) KOTA BATUNG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Izzah International Islamic Boarding School (IIBS) kota Batu. SMP Al Izzah Batu memiliki visi dan misi pendidikan yaitu menyelenggarakan lembaga pendidikan muslimah dengan sistem integral yang memadukan aspek intelektual, mental-spiritual dan life-skills sehingga dapat melahirkan generasi muslimah yang bertaqwa, cerdas dan mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik kurikulum, proses pelaksanaan kurikulum, prosedur evaluasi pelaksanaan kurikulum serta dampak pelaksanaan kurikulum di SMP Al Izzah. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala urusan kurikulum dan kesiswaan, kepala kepesantrenan, guru dan beberapa alumni. Studi dokumentasi dilakukan dengan mengkaji dokumen KTSP serta dokumen lain yang berkaitan dengan dokumen kurikulum. Dan observasi dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas. Kesimpulan dari hasil analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) karakteristik kurikulum SMP Al Izzah adalah bahwa pengembangan kurikulum dilakukan berdasarkan visi, misi dan tujuan institusional untuk melahirkan generasi muslimah yang takwa, cerdas dan mandiri; memadukan kurikulum pendidikan nasional, kurikulum cambridge, kurikulum diniyah dan program pengembangan diri; pengembangan dan pelaksanaan kurikulum tidak hanya menekankan penguasaan isi kurikulum tetapi juga nilai-nilai keislaman dengan integrasi nilai-nilai tersebut dalam setiap mata pelajaran, (2) pelaksanaan kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum cambridge diawali dengan proses pemetaan dan sinkronisasi isi kurikulum sebelum disusun perencanaan dan program pembelajaran, (3) komponen dokumen silabus dan RPP telah memenuhi standar, (4) berdasarkan instrumen analisa penilaian RPP SMP Al Izzah, beberapa RPP kurang memenuhi standar baik desain dokumen, instrumen penilaian, integrasi nilai-nilai keislaman maupun indikator lainnya, (5) berdasarkan instrumen analisa penilaian strategi mengajar SMP Al Izzah, pelaksanaan proses pembelajaran telah memenuhi standar (6) evaluasi proses pelaksanaan kurikulum melalui supervisi dilakukan setiap bulan sebagai bentuk penilaian kinerja bulanan, (7) dampak atau hasil pelaksanaan kurikulum jika ditinjau dari standar kompetensi lulusan dan profil out put, maka dapat dikatakan cukup berhasil, tetapi secara kualitas masih perlu untuk ditinjau kembali terutama hasil pembelajaran yang berhubungan dengan proses menghafal seperti tahfidz Al Quran dan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:30
Last Modified: 14 Feb 2018 02:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo