UMM Institutional Repository

GAMBARAN KECEMASAN PADA REMAJA PUTRI YANG TELAH MENGALAMI MENARCHE Di Kelurahan Pandanwangi Tahun 2015

ANANDA, KIKI YOGA (2015) GAMBARAN KECEMASAN PADA REMAJA PUTRI YANG TELAH MENGALAMI MENARCHE Di Kelurahan Pandanwangi Tahun 2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikiyogaan-41397-1-pendahul-n.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikiyogaan-41397-2-babi.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pubertas tercapai pada umur 12 -16 tahun. Ramaja mengalami perubahan dramatis pada masa pubertas. Pada masa ini hormon seksual seperti hormon progesteron dan esterogen meningkat. Hal ini menyebabkan banyak perubahan fisik yang meliputi tubuhnya rambut di bagian pubis, menonjolnya payudara, melebarnya pinggul dan kematangan organ seksual yang di tandai dengan menstruasi pertama atau disebut juga menarche. Berbagai perubahan fisik yang ada dapat menimbulkan pergolakan emosi dan pertumbuhan psikis remaja. Karena adanya perubahan tersebut, kebanyakan remaja mengalami binggung, cemas dan takut akan terjadinya hal yang tidak di inginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kecemasan pada remaja putri yang mengalami Menarche. Penelitian ini bermanfaat bagi Remaja Putri diharapkan remaja putri dapat memberikan pengetahuan tentang gambaran kecemasan yang di alami pada saat menarche. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode case study research dan pengambilan data dengan cara purposive sampling, dengan mengambil tiga partisipan yaitu partisipan pertama dengan inisial Nn. E, partisipan kedua dengan inisial Ny. W, dan partisipan ketiga dengan inisial Nn. A. Tehnik analisa data menggunakan domain analisis. Hasil: hasil penelitian didapatkan tema yaitu kurangnya pengetahuan merupakan penyebab kecemasan saat Menarche dan bingung dan panik merupakan manifestasi kecemasan . Kesimpulan: Penyebab kecemasan itu meneurut hasil penelitian adalah kurangnya pengetahuan remaja putri mengenai menstruasi dan tanda dan gejalanya meliputi panik karena terjadinya menarche dan bingung dengan pemahaman mengenai menarche. Dengan adanya data tersebut diharapkan remaja putri untuk menambah wawasan mengenai menstruasi supaya tidak mengalami kecemasan saat terjadinya menstruasi pertama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Diploma of Nursing (14401)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 31 Mar 2016 08:02
Last Modified: 31 Mar 2016 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23951

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo