UMM Institutional Repository

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SDI WAHID HASYIM DINOYO MALANG

DAHLAN, AGUS (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SDI WAHID HASYIM DINOYO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusdahlan-41026-1-pendahul-n.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusdahlan-41026-2-babi.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelian ini bertujuan mendiskripsikan problem-problem pembelajaran al-Qur’an di SDI Wahid Hasyim Dinoyo Malang, serta mendiskripsikan solusi dalam mengatasi problem pembelajaran al-Qur’an di SDI Wahid Hasim Dinoyo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian guru agama, orang tua, dan peserta didik kelas 5 dan 6 di SDI Wahid Hasyim Dinoyo Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya: problem dalam proses pembelajaran al-Qur’an di SDI Wahid Hasyim Malang diantaranya; a.Faktor internal;1) Problem dari pendidik, terbatasnya waktu yang disediakan sekolah dalam pembelajaran al-Qur’an, dan kurangnya tenaga guru yang profesional dalam pembelajaran al-Qur’an.2) Problem peserta didik, kurangnya minat pada pembelajaran al-Qur’an, dikarenakan peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran al-Qur’an hanya sebuah syarat bukan kewajiban yang harus dipelajari. b.Faktor eksternal; terdapat pada lingkungan keluarga yang kurang memperhatikan perkembangan pembelajaran al-Qur’an, lebih mengacu pada pendidikan umum, disamping itu banyak tersedianya tempat bermain (game online dan play station). Tentang adanya solusi dari problem pembelajaran al-Qur’an di SDI Wahid Hasyim Malang, melakukan pendekatan pada peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran al-Qur’an, disamping memberi sanksi bagi peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran al-Qur’an, sedangkan bagi guru diberi pembekalan tambahan yang berhubungan dengan pembelajaran al-Qur’an dari sekolah, dan bagi orang tua memberi contoh dan membimbing peserta didik yaitu memberikan kesadaran terhadap anak akan pentingnya baca tulis al-Qur’an dan memberi motivasi dalam belajar al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:42
Last Modified: 31 Mar 2016 04:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo