UMM Institutional Repository

i STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKAL UNTUK MEMASUKI MODERN MARKET (Studi Deskriptif Pada PT Golden Leaves Jaya Abadi Malang)

Lubis, Fitria (2015) i STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKAL UNTUK MEMASUKI MODERN MARKET (Studi Deskriptif Pada PT Golden Leaves Jaya Abadi Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrialubi-41509-1-pendahul-n.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrialubi-41509-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Kondisi persaingan pasar makanan ringan di Indonesia yang semakin ketat, menuntut perusahaan-perusahaan makanan ringan yang bermain di dalam industri tersebut untuk memiliki strategi komunikasi pemasaran yang merupakan perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan pemasarannya. Keberhasilan PT Golden Leaves Jaya Abadi menembus berbagai pasar dan bertahan ditengah persaingan pasar makanan ringan yang sangat ketat, tidak lepas dari peran komunikasi pemasaran untuk memperkenalkan produk-produk lokal mereka hingga bisa memasuki modern market. Sebelum memasuki modern market, PT Golden Leaves Jaya Abadi telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk memperkuat jaringan pemasaran di pasar tradisional sehingga produk-produk dari PT Golden Leaves Jaya Abadi Malang mampu menguasai market share nasional diurutan tiga besar. Komunikasi pemasaran adalah kegiatan memilih dan menetapkan pesan pemasaran yang akan disampaikan kepada khalayak. Selanjutnya pesan itu kemudian disandikan dalam bentuk sinyal yang dapat dikirimkan melalui saluran komunikasi yang tersedia. Pada program kampanye komunikasi pemasaran, pesan kemudian dikemas dalam bentuk yang sesuai dengan pilihan saluran komunikasi pemasaran. Dalam hal ini, pesan komunikasi pemasaran dapat disandikan menjadi bentuk iklan di televisi, poster pada billboard, atau event yang diselenggarakan. Secara luas, komunikasi pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual, dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Dan untuk menunjang komunikasi pemasaran diperlukan strategi dimana menurut Angipora, strategi komunikasi pemasaran merupakan proses penyajian serangkaian stimulus secara terpadu yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan yaitu dengan cara semua pihak (penjual dan pembeli) untuk melakukan yang terbaik. Untuk memahami aplikasi dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Golden Leaves Jaya Abadi Malang hingga mampu menembus modern market, peneliti melakukan studi deskriptif terhadap perusahaan sehingga diperoleh gambaran menyeluruh mengenai perencanaan perusahaan yang menggunakan analisis SWOT dalam merencanakan program-program komunikasi pemasaran, tahap pelaksanaan masing-masing program hingga evaluasinya. Semua data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam, diolah kemudian disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Dimana keabsahan data telah dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yaitu perluasan pangsa pasar dan melakukan penetrasi pada modern market, divisi Marketing and Promotion sudah berupaya optimal untuk melakukan program-program komunikasi pemasaran. Dan keberhasilan perusahaan menembus modern market di dukung oleh program komunikasi pemasaran periklanan berupa display produk. (2) Program-program yang termasuk dalam strategi komunikasi pemasaran direncanakan dan diterapkan oleh PT Golden Leaves Jaya Abadi secara keseluruhan antara lain periklanan (display), promosi penjualan (premi-hadiah), humas dan publisitas (event), personal selling (sampel dan pekan raya) dan direct marketing (email). (3) Program komunikasi pemasaran yang termasuk pada push strategy adalah direct marketing melalui email, selebihnya program komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT Golden Leaves Jaya Abadi Malang termasuk pada pull strategy yaitu periklanan (display), promosi penjualan (premi-hadiah), humas dan publisitas (event), dan personal selling (sampel dan pekan raya).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:41
Last Modified: 31 Mar 2016 04:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23920

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo