UMM Institutional Repository

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MURID TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SDI AL-HUDA KOTA BATU TAHUN PELAJARAN 2014-2015

SYAFITRI, AINUN (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MURID TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SDI AL-HUDA KOTA BATU TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainunsyafi-41525-1-pendahul-n.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainunsyafi-41525-2-babi.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar murid terhadap prestasi belajar PAI. Selain itu, juga untuk mendeskripsikan faktor penunjang dan penghambat motivasi belajar murid, solusinya, serta untuk mendeskripsikan cara menumbuhkan motivasi belajar murid di sekolah guna meningkatkan prestasi belajar PAI di SDI Al-Huda Kota Batu Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran (mixed methodology) dengan objek penelitian adalah SDI Al-Huda Kota Batu, karena untuk mengetahui sejauh mana tingkat motivasi belajar murid terhadap mata pelajaran PAI yang berimplikasi pada prestasi belajar PAI. Sedangkan sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling adalah murid kelas IV dan V SDI Al-Huda Kota Batu. Pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji statistika Chi Kuadrat dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar murid terhadap prestasi belajar PAI di SDI Al-Huda Kota Batu Tahun Pelajaran 2014-2015. Hal tersebut berdasarkan analisa statistika dengan menggunakan uji Chi Kuadrat (X²) yang diperoleh hasil, bahwa korelasinya dengan signifikansi sedang, karena harga φ < r tabel (0,426 < 0,482) dengan derajat korelasi sedang. Hal tersebut juga terlihat pada gambar kurva yang miring ke kiri. Maksudnya adalah motivasi belajar murid banyak yang rendah dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI bersifat sedang. Selain itu, faktor penunjang dan penghambat motivasi belajar murid bisa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu intern dan ekstern. Solusinya adalah dengan cara membangun motivasi belajar murid, memberikan hadiah, memberikan tugas tambahan, memenuhi sarana dan prasana sekolah, memberikan contoh belajar yang efektif, dan memberikan surat panggilan kepada orangtua murid. Dengan demikian, cara menumbuhkan motivasi belajar murid di sekolah bisa melalui pembelajaran dengan menggunakan metode PAKEM, serta memberikan pujian dan nilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:38
Last Modified: 31 Mar 2016 04:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo