UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU

FATIMAH, (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-1-pendahul-n.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-2-babi.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini mayoritas umat Islam ingin bisa membaca al-Qur’an lebih cepat dan praktis, maka dari itu banyak para ulama mencoba mencarikan atau menyajikan alternativ yang lebih menarik dan memudahkan anak-anak dalam belajar membaca al-Qur’an salah satunya adalah metode Qiro’ati. Metode Qiro’ati adalah metode membaca al-Qur’an yang langsung memasukan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penerapan metode Qiro’ati ini tidaklah mungkin dapat dilakukan dengan benar jika tidak dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk terus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pemilihan metode Qiro’ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam penerapan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Qiro’ati serta hasil dari penerapan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala TPQ dan ustazd-ustazdah TPQ Baiturrohmah Kota Batu. Pemilihan TPQ Baiturrohmah Kota Batu sebagai setting penelitian dikarenakan TPQ ini sudah menerapkan metode Qiro’ati cukup lama yakni sekitar tahun 1998 hingga saat ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Qiro’ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu belum terlaksana dengan maksimal karena mengalami berbagai macam kendala. Kendala-kendala tersebut diantaranya datang dari kebijakan Pusat pengelola Qiro’ati yang sulit dipenuhi TPQ, alat peraga yang kurang layak digunakan, hingga kondisi ustazd-ustazdah serta santri yang cenderung kurang taat pada aturan TPQ.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:30
Last Modified: 31 Mar 2016 04:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo