UMM Institutional Repository

PENGARUH PRE-TEST DAN POST-TEST TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM AL-HUDA KOTA BATU

AFYUDIN, GALIH PRABU WILDAN (2015) PENGARUH PRE-TEST DAN POST-TEST TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM AL-HUDA KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galihprabu-41555-1-pendahul-n.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galihprabu-41555-2-babi.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian pre-test dan post-test dalam setiap kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas III SD Islam Al-Huda Kota Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan one group pre-test post-test design. Pre-Experimental design adalah salah satu bentuk desain penelitian eksperimen yang memanipulasi variabel bebas yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel terikat. Rancangan Pre-Experimental design digunakan untuk mendapatkan informasi awal terhadap rumusan masalah yang ada dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III SD Islam Al-Huda Kota Batu yang berjumlah 10 peserta didik. Pada awal pembelajaran, diberikan pre-test kepada peserta didik, dilanjutkan dengan proses belajar mengajar dan pada akhir pembelajaran diberikan post-test dengan menggunakan instrumen yang sama dengan pre-test. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji tanda diperoleh nilai probabilitasnya lebih kecil dari taraf nyata (0,05) atau Ho < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian pre-test dan post-test dalam setiap kegiatan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian keputusan yang diambil adalah H_a, yaitu adanya pengaruh pre-test dan post-test terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dengan kata lain pre-test dan post-test berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:28
Last Modified: 31 Mar 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo