UMM Institutional Repository

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH ( Studi Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Desa Arjowilangun Kabupaten Malang )

Antatik, Erna Puji (2015) MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH ( Studi Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Desa Arjowilangun Kabupaten Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernapujian-41538-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernapujian-41538-2-babi.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis komunikasi yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi ini dapat dilakukan secara tatap muka atau tidak. Selama kedekatan sudah terjalin komunikasi interpersonal dapat berjalan. Misal sekarang ini banyaknya fenomena orang tua dan anak yang menjalani hubungan jarak jauh. Hubungan jarak jauh tersebut dikarenakan faktor orang tua yang memilih bekerja menjadi TKI. Komunikasi selalu diupayakan setiap hari antara orang tau dan anak, tetapi tetap saja ada keluarga TKI sebagian mempunyai anak yang berperilaku baik dan sebagian mempunyai anak yang berperilaku susah di atur. Hal inilah yang menarik untuk diteliti dengan rumusan masalah bagaimana model komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam hubungan jarak jauh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model komunikasi interpersonal orang tua dan anak pada keluarga TKI di Desa Arjowilangun kabupaten Malang. Teori yang digunakan dalam hal mendukung analisis model komunikasi adalah teori pola interaksi hubungan, dimana menurut Paolo Alto (Morisso, 2013:287) ada beberapa hubungan yang dianggap penting yaitu hubungan simetris, hubungan komplemen.. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif.Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penetapan subyek penelitian yaitu dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Analisis data mengikuti konsep yang dikembangkan Miles and Huberman dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data dapat simpulkan bahwa model komunikasi interpersonal pada keluarga TKI di Desa Arjowilangun Kabupaten Malang yaitu model komunikasi simetris (one-up/one-up), komplemen (one-down/one-up) dan transisi (one-up/one-across). Model simetris terjadi pada anak yang bertingkah laku baik, namun sebagian kecil terjadi pada keluarga yang mempunyai tingkah tidak baik.Model komplemen dan transisi terjadi pada keluarga TKI mempunyai anak yang berperilaku baik, dimana anak tidak bisa mengikuti peraturan yang ditetapkan orang tua. Serta pada keluarga TKI di desa Arjowilangun dalam memutuskan sesuatu mengenai anak terlebih dahulu harus ijin kepada pihak orang tua yang bekerja menjadi TKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:26
Last Modified: 31 Mar 2016 04:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo