UMM Institutional Repository

UPAYA GURU AL-ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 03 KEPANJEN MALANG

RAHMAN, MASYUDI (2015) UPAYA GURU AL-ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 03 KEPANJEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-masyudirah-41558-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-masyudirah-41558-2-babi.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Peran guru al-Islam sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Karakter menjadi salah satu elemen penting pada setiap manusia dalam membentuk kepribadian. Kepribadian adalah faktor penentu sebuah peradaban bangsa. Pembentukan kepribadian melalui karakter dimulai dari lingkungan keluarga, kemudian dilanjutkan pada jenjang sekolah. Salah satu tugas guru di lembaga pendidikan adalah mentranfer ilmu dan mendidik. Di antara guru bidang studi yang mempunyai tanggung jawab dalam membina karakter adalah guru al-Islam, karenanya menjadi tugas yang berat bagi guru al-Islam. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan upaya guru al-Islam dalam membina karakter di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Malang. 2) Mendeskripsikan hasil pembinaan karakter Guru al-Islam terhadap peserta didik perspektif Kepala Sekolah di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen Malang. Metode penelitian menggunakan metode jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumentasi, angket. Tekhnik analisis data diantaranya mencatat hasil lapangan kemudian mendeskripsikan dalam bentuk data dan analisi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 1) Dalam membina karakter siswa guru al-Islam melalui intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas dengan mengkondisikan peserta didik, bekerjasama dengan wali murid/orang tua, dan bekerjasama dengan wali kelas, kesiswaan serta guru BK. 2) karakter perspektif kepala sekolah, guru al-Islam harus mempunyai jiwa sebagai inspirator, informator, organisator; motivator; inisiator; fasilitator; pengelola kelas; dan mediator; guru menyampaikan dan menjadi media informasi kepada anak didik sejelas-jelasnya. Maka dapat disimpulkan Berdasarkan pengamatan peneliti guru al-Islam dalam membina karakter peserta didik, secara keseluruhan guru di SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen telah melakukan peranannya sebagai guru dengan baik dan profesional, maka kebaikan dan keprofisionalan itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan demi kemajuan SMP Muhammadiyah 03 Kepanjen dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:23
Last Modified: 31 Mar 2016 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo