UMM Institutional Repository

PERAN PIMPINAN RANTING AISYIYAH SISIR II KOTA BATU DALAM PENGUATAN IBADAH SHOLA

WARDAH, (2015) PERAN PIMPINAN RANTING AISYIYAH SISIR II KOTA BATU DALAM PENGUATAN IBADAH SHOLA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wardahnim2-41576-1-pendahul-n.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wardahnim2-41576-2-3.babi-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sholat merupakan kewajiban pokok bagi setiap orang yang beragama Islam, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Ibadah sholat yang di kerjakan tentunya harus sesuai dengan tuntunan Rasululullah SAW baik bacaan maupun gerakannya. Permasalahan yang ada saat ini, masih banyak orang yang melakukan ibadah sholat tidak sesuai dengan tuntunan Nabi dengan menambah gerakan dan bacaan sendiri yang tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Bertolak pada uraian tersebut, maka peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan sholat, baik dari sisi bacaan maupun gerakannya. Untuk itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di salah satu ortom Muhammadiyah, lebih tepatnya pada Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu. Pemilihan tempat ini dengan pertimbangan bahwa ‘Aisyiyah memiliki Majelis Tabligh yang salah satu tugasnya mengkoordinir kajian-kajian keagamaan, diantaranya kajian tentang sholat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang dikuatkan dalam ibadah sholat, penguatan ibadah sholat serta peran Pimpinan Ranting‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu dalam penguatan ibadah sholat pada masing-masing pengurus dan anggotanya. Pendekatan penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dan mengkaji masalah secara kasus perkasus. Penelitian ini lebih terfokus untuk mengkaji masalah sholat pada anggota dan pengurus Pimpinan Ranting‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu, Ketua Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu dan anggota Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu. Metode yang peneliti gunakan untuk mencari data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek yang dikuatkan dalam penguatan ibadah sholat di Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu meliputi; hukum ibadah sholat, hikmah ibadah sholat, macam-macam ibadah sholat, gerakan dan bacaan ibadah sholat serta menggapai sholat yang khusyu’. Bentuk penguatan yang dilakukan adalah memberikan pengajian yang dilakukan satu kali dalam setiap bulan dan dua kali dalam setiap bulan khusus pada bulan Ramadhan. Sedangkan peran Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sisir II Kota Batu dalam penguatan ibadah sholat meliputi; membuat jadwal kegiatan penguatan ibadah sholat, mencari pemateri, menyiapkan sarana prasarana, menginformasikan kegiatan penguatan ibadah sholat kepada anggota, dan evaluasi kegiatan penguatan ibadah sholat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:22
Last Modified: 31 Mar 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23905

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo