UMM Institutional Repository

UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

ASTUTI, UMA (2015) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umaastutin-41577-1-pendahul-n.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umaastutin-41577-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII.Selain itu, juga mendeskripsikan factor penunjang da npenghambat dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang dan solusinya. Jenis penelitian ini kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data merujuk pada pendapat Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)guru PAI sebelum memulai pelajaran selalu mempersiapkan RPP, Silabus, RPE, Prosem dan Prota, kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran memilih dan menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guru juga melakukan evaluasi di setiap akhir pertemuan dengan melakukan tanya jawab dan ulangan harian di akhir bab. (2) Faktor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah guru dituntut cerdas, pandai dan bisa menggunakan metode, media dan strategi pembelaram yang kreatif dan inovatif sehingga siswa tidak bosan di kelas serta memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada dan juga turut aktifnya siswa dalam proses pembelajaran di kelas sekaligus dibarengi dengan kelengkapan sarana prasarana yang ada. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah guru kurang inovatif dan kreatif dalam menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran serta minimnya pengetahuan untuk menggunakan media pembelajaran IT, siswa yang ramai dan kurang memperhatikan pelajaran dan juga sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pembelajaran PAI masih mengalami kekurangan yaitu speaker aktif dan perlengkapan untuk praktikum manasik haji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:19
Last Modified: 31 Mar 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo