UMM Institutional Repository

PROSES PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW PENGAJIAN AGAMA ISLAM PADA STASIUN TELEVISI LOKAL (Studi Komparasi Antara JTV Malang dengan Batu Televisi).

Istiqomah, Dini Atika (2015) PROSES PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW PENGAJIAN AGAMA ISLAM PADA STASIUN TELEVISI LOKAL (Studi Komparasi Antara JTV Malang dengan Batu Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diniatikai-41709-1-pendahul-n.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diniatikai-41709-2-babi.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan suatu sistem komunikasi yang dipancarkan melalui rangkaian gambar elektronik yang dipancarkan secara cepat berurutan dan diiringi unsur audio. Indonesia saat ini mempunyai banyak stasiun televisi baik nasional maupun lokal, salah satunya televisi lokal adalah JTV dan Batu Televisi. Dalam pelaksanaannya JTV maupun Batu Televisi harus mempunyai produksi program, salah satu produksi programnya yaitu Talk Show Pengajian Agama Islam “Islam Itu Indah. ” Pengoperasian produksi program televisi tidak terlepas dari adanya penyusunan program. Untuk itu dalam proses produksi pada Talk Show Pengajian Agama Islam “Islam Itu Indah. ” yang ditayangkan JTV maupun Batu TV, perlu adanya elemen-elemen produksi program agar dalam produksinya dapat berjalan dengan baik, profesional, dan mampu bersaing dengan progam di Stasiun Televisi lain. Elemen-elemen yang dibutuhkan dalam produksi Acara Talk Show Pengajian Agama Islam “Islam Itu Indah. ” diantaranya: Produser yaitu: manajer/ekskutif yang bertanggung jawab atas keseluruhan fungsi produksi program televisi, mulai dari perencanaan produksi sampai tersedianya program televisi yang siap siar. Produser yaitu: penanggung jawab atau pengasuh suatu jenis program televisi. Manajer produksi bertanggung jawab terlaksananya kegiatan produksi sehingga menghasilkan program siaran televisi yang siap siar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan proses produksi Talkshow Pengajian agama Islam ”Islam Itu Indah” antara stasiun JTV Malang dengan Batu Televisi. Penelitihan ini tergolong kedalam jenis penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data mengenai proses produksi suatu acara televisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif yaitu suatu penelitian yang bersifat membandingkan proses produksi program Talk Show Pengajian Agama Islam “Islam Itu Indah”antara JTV Malang dengan Batu Televisi, kemudian dianalisa dan disimpulkan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses produksi talk Show pengajian agama Islam “Islam Itu Indah” di JTV Malang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan produksi dan evaluasi pasca produksi. Perencanan dimulai dengan menentukan tema oleh produser dan memilih manager produksi. Kemudian melakukan sebuah casting untuk memilih presenter. Selanjutnya melakukan meeting untuk mempersiapkan alat-alat yang diperlukan dalam produksi. Pemilihan crew dan cara pembagian tugas ditentukan oleh arahan produser. Ada 7 crew yang terlibat dalam produksi talkshow pengajian agama islam “islam itu indah”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses produksi talk Show pengajian agama Islam “Islam Itu Indah” di Batu Televisi dimulai dengan mengompakkan tim dan mempersiapkan alat-alat dan produser memilih siapa saja crew yang bertugas dalam produksi ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:19
Last Modified: 31 Mar 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo