UMM Institutional Repository

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN

SULHERA, (2015) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulheranim-41578-2-babi.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulheranim-41578-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu munculnya Gagasan bahwa proses pendidikan yang selama ini dilakukan dinilai belum sepenuhnya berhasil dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan, ada juga yang menyebut bahwa pendidikan Indonesia telah gagal membangun karakter. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tawuran antar pelajar, kasus-kasus narkoba, beberapa pelajar berada di “teralis besi” karena menganiaya gurunya sendiri, serta anak yang tidak lagi memiliki sopan santun pada orang tua. Penelitian ini merupakan studi dari penelitian terhadap pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang konsep pendidikan karakter terhadap anak dalam kitab yang ditulis langsung oleh Abdullah Nashih Ulwan yaitu Pendidikan Anak Dalam Islam. Berdasarkan masalah tersebut, serta dalam rangka mencapai tujuan di atas, maka peneliti menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dalam mengkaji data-data primer (kitab Pendidikan Anak Dalam Islam), data-data sekunder (buku-buku yang membahas tentang Abdullah Nashih Ulwan). Data-data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mewujudkan sebuah generasi yang memiliki karakter yang kokoh serta iman dan islam yang kuat maka diperlukan penanaman nilai-nilai keribadian pada anak. Menurut penjabaran Abdullah Nashih Ulwan penanaman karakter terhadap peserta didik dapat dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu : Pertama, Materi Pendidikan Karakter. Meliputi, materi pendidikan keimanan, materi pendidikan moral, materi pendidikan fisik, materi pendidikan akal, materi pendidikan kejiwaan, materi pendidikan sosial, dan yang terakhir yaitu materi pendidikan seks. Kedua, Metode Pendidikan. Meliputi, metode pendidikan dengan keteladanan, metode pendidikan dengan kebiasaan, metode pendidikan dengan nasehat, metode pendidikan dengan perhatian/ pengawasan dan yang terakhir yaitu metode pendidikan dengan hukuman. Ketiga, sifat wajib yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. Meliputi, sifat ikhlas, sifat takwa, memilki ilmu pengetahuan, sifat santun/pemaaf dan yang terakhir menyadari tanggung jawabnya. Ketiga konsep tersebut saling mempengaruhi atau berkaitan dalam membentuk karater seorang anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:17
Last Modified: 31 Mar 2016 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo