UMM Institutional Repository

STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR

SAMSUDIN, MOH. AZIZ (2015) STUDI ANALISIS TENTANG KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-1-pendahul-n.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohazizsam-41583-2-babi.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra terkait kebijakan penghentian Kurikulum 2013 oleh pemerintah saat ini. Munculnya pro kontra baik oleh kalangan praktisi pendidikan dan juga masyarakat umum di negara ini tentu didasari adanya kejanggalan terkait Kurikulm 2013 baik dalam penyusunan, penetapan, dan tentu pemberhentiannya saat ini. Masing-masing pihak tentu punya dasar dan alasan atas penolakan dan dukungannya terhadap Kurikulum 2013. Berangakat dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang Kurikulm 2013 khususnya pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah 1) Bagaimanakah gambaran Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar?, 2) Apakah kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar? Tujuan penelitian ini adalah 1) guna mendiskripsikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar dan 2) mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI untuk tingkat Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berasal dari dokumentasi karena jenis penilitian adalah Library Research dan juga dari hasil wawancara terhadap praktisi pendidikan sebagai data pelengkap. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis isi atau Content Analysis. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PAI dalam Kurikulum 2013 kini berubah menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran wajib dengan alokasi waktu 4 jam per minggu untuk tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum ini berbasis kompetensi dan karakter, menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif. Diantara kelebihan K13 adalah: berorientasi pada pencapaian semua kompetensi peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotorik), menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan lainnya. Sedang kekuranganya antara lain: belum ada keterkaitan yang jelas antara basis filosofi dengan tataran teknis, seperti kurang adanya relevansi antara KD dengan Silabus, aspek penilaian yang terlalu kompleks sehingga memberatkan pendidik, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:08
Last Modified: 31 Mar 2016 04:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo