UMM Institutional Repository

POLA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BACA AL-QURAN DI SMKN 10 MALANG

SOLEH, MUHAMMAD (2015) POLA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BACA AL-QURAN DI SMKN 10 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadso-41584-1-pendahul-n.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadso-41584-2-babi.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh dilema yang dihadapi oleh pendidikan agama Islam di sekolah. Pendidikan agama Islam memiliki tanggung jawab besar dalam pembentukan karakter islami peserta didik, seperti yang diamantkan UUD 1945. Tetapi alokasi waktu yang disediakan sangat sedikit. Salah satu materi terpenting dalam PAI adalah pembelajaran Al-Qur`an, karena Al-Qur`an adalah sumber pertama yang memuat seluruh ajaran Islam. Oleh karena itu, sekolah harus dapat membuat strategi atau terobosan untuk mengatasi kekurangan yang dihadapi PAI tersebut. SMKN 10 Malang mensiasatinya dengan mengadakan pembelajaran ekstrakurikuler baca Al-Qur`an bagi peserta yang belum mampu membaca Al-Qur`an dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran ekstrakurikuler baca Al-Qur`an yang diadakan oleh SMKN 10 Malang dan faktorfaktor yang mempengaruhi pembelajaran ekstrakurikuler tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data yang digali dalam penelitian ini terbagi menjadi data primer dan sekunder. Data primer diambil dari guru pembimbing, waka kurikulum dan kesiswaan, peserta pembelajaran ekstrakurikuler baca Al-Qur`an serta dokumen terkait. Sedangkan data sekunder didapat dari kepala sekolah, tenaga administrasi (TU) dan dokumen terkait. Penggalian data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk validasi, digunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler baca Al-Qur`an di SMKN 10 Malang berpola pada penyusunan materi yang sesuai dengan prinsip: relevansikonsistensi; dan kecukupan metode penyampaian pesan sesuai dengan metode Iqra` yang terdapat di dalam buku, pengorganisasian kelas berbasis pada student centered learning (SCL). Faktor yang mendukung pembelajaran ekstrakurikuler baca Al-Qur`an di SMKN 10 Malang adalah: 1) materi sesuai dengan kebutuhan peserta; 2) metode sesuai dengan materi dan kondisi peserta; 3) sarana prasarana yang memadai; 4)pembimbing kompeten; 5) media pembelajaran tersedia. Sedangkan faktor penghambat antara lain: 1) dukungan orang tua kurang; 2)kurikulum tidak tertulis; 3) usia peserta didik yang tidak sesuai tingkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:06
Last Modified: 31 Mar 2016 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23895

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo