UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 JOMBANG

WIDIASTUTIK, LUKY (2015) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukywidias-41595-1-pendahul-x.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukywidias-41595-2-babi.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep penilaian autentik dalam kurikulum 2013 ditingkat SMP, implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMP Negeri 2 Jombang, dan kendala yang dialami dan solusinya guru dalam implementasi penilaian autentik pada pelajaran Pendidikan Penelitian ini merupakan perpaduan antara penelitian studi litelatur dan studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAIBP kelas VIII, peserta didik kelas VIII, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Konsep penilaian autentik di tingkat SMP terbagi menjadi tiga, (a) penilaian condong pada PAP, (b) bentuk penilaiannya seperti observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, penilaian jurnal, unjuk kerja/kinerja/praktik, projek, produk, portofolio, dan tes tertulis/lisan, dan (c) perbedaan pokok terdapat pada terjalin ikatan emosional antara pendidik, peserta didik, dan antar peserta didik, dan penilaian lebih luas yakni penilaian tidak terlalu mementingkan jawaban yang ‘benar’, melainkan mementingkan proses. 2. Implementasi penilaian autentik yang dilakukan guru dibagi menjadi tiga yakni; a) kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik penilaian diri sendiri, penilaian teman sebaya, dan observasi guru, b) kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui unjuk kerja atau pervormance, c) kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui tugas rumah dan ulangan harian. 3. Kendala yang dihadapi guru ada dua, yakni (a) input nilai harus sesuai dengan isian yang ada, setiap KI dan KD harus ditulis, dan penilaian harus dideskripsikan sehingga solusi yang dilakukan guru adalah “copy-paste-edit” deskripsi dari peserta didik ke peserta didik lain, tetapi tetap disesuaikan dengan keampuan peserta didik, dan (b) KKM yang tinggi, sehingga guru harus memberikan nilai minimal sesuai KKM. Solusi yang dilakukan guru untuk peserta didik yang benar-benar sudah tidak bisa diremidial lagi, maka guru memberikan nilai sesuai KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:04
Last Modified: 31 Mar 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23894

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo