UMM Institutional Repository

PERAN RADIO ANDALUS FM DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI KOTAMADYA MALANG

SURYANI, LILIK (2015) PERAN RADIO ANDALUS FM DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI KOTAMADYA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liliksurya-41596-1-pendahul-n.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liliksurya-41596-2-babi.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Media informasi radio merupakan media yang memiliki suatu peran penting bagi semua lapisan masyarakat. Banyak hal yang dapat diambil dari media radio ini. Faktor utamanaya radio merupakan media yang berisi berbagai hiburan, menyajikan siaran-siaran pendidikan baik umum maupun yang bersifat keagamaan (religi). Hal yang bersifat keagamaan ini di nilai dapat meningkatkan pemahaman Agama Islam. Skripsi ini merupakan penelitian terhadap program siar radio Andalus FM Malang dan faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Penulis merasa perlu mengaji lebih dalam terhadap program siar radio tersebut, dimana untuk mengetahui perannya sebagai media dakwah, radio Andalus FM Malang dapat diketahui keberadaannya untuk kelangsungan proses dakwah Islamiyah melalui program siar yang disiarkan setiap harinya. Setelah penulis melakukan penelitian tersebut, dengan menggunakan metode deskritif kualitatif dan metode berfikir induktif akhirnya diketahui bahwa program siar radio Andalus FM Malang dikemas dengan variasi yaitu: program siar on air dan program siar off air. Program dakwah on air pada program Gema Islamika, Hiz Morning News, dan Keluarga Sakinah. Sedangkan program off air adalah acara keagamaan yang dilakukan dalam bentuk kegiatan moral sosial, seperti mengirim sukarelawan ke daerah bencana, membagikan daging korban dan lain sebagainya. Kemudian dari program siar on air terbagi dalam beberapa format siar yaitu format dialogis, format monologis, format kuis, format musik dan format uraian. Selain program siar, skripsi ini juga membahas faktor pengdukung dan faktor penghambat proses siar radio Andalus FM Malang. Beberapa faktor pendukungnya yaitu terdengar berbeda/ unik, memiliki fasilitas yang memadai, memiliki SDM yang baik, selalu melakukan perubahan, kualitas pemancar yang tinggi, memiliki program siar off air yang mendukung program siar on air. Faktor penghambat yaitu keterbatasan dana, gangguan tehnik dan gagalnya dai yang datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:02
Last Modified: 31 Mar 2016 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo