UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QURAN DI RUMAH TAHFIZH HIDAYATUS SHIBYAN KOTA BATU

WIBISONO, ADAM (2015) PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QURAN DI RUMAH TAHFIZH HIDAYATUS SHIBYAN KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamwibiso-41672-1-coversk-a.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamwibiso-41672-2-bab1.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab samawi yang dijaga keasliannya oleh Allah subnahu wata’ala.Kemurnian al-Qur’an terjaga sejak zaman nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam hingga saat ini bahkan sampai hari kiamat. Dengan hal demikian bukan berarti kita terlepas dari tanggung jawab untuk turut menjaga kemurnian al-Qur’an dari musuh-musuh Islam yang tak henti-hentinya berusaha merusak Islam dengan berbagai cara. hingga umat Islam mengikuti agamanya. Salah satu upaya untuk menjaga kemurnian al-Qur’an adalah mendirikan lembaga pendidikan Tahfizhul Qur’an seperti pondok pesantren dan rumah-rumah Tahfizhul Qur’an Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Tahfizhul Qur’an di Rumah Tahfizh Hidayatus Shibyan Kota Batu. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Tahfizhul Qur’an di Rumah Tahfizh Hidayatus Shibyan Kota Batu.(3)Untukmengetahui hasil pembelajaran Tahfizhul Qur’an di Rumah Tahfizh Hidayatus Shibyan Kota Batu Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendiri sekaligus pengajar Rumah Tahfizh Hidayatus Shibyan Kota Batu Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran tahfizhul Qur’an dilakukan setiap hari senin-jum’at pukul 14.00-17.30. Pembelajaran menggunakan metode Talaqqi.Faktor-faktor pendukung pembelajaran antara lain: motivasi dan dukungan orang tua, pemilihan metode yang tepat, pengajar yang berkompeten, lingkungan yang cukup mendukung, sarana dan prasarana yang memadai.Adapun penghambat pembelajaran Tahfizhul Qur’an antara lain: santri tidak disiplin dalam menambah hafalan, keterbatasan tenaga pendidik,berbenturan antara jadwal tahfizh dan les dan lain-lain. Pemeblajaran tahfizh ini cukupefektif hal itu terbukti santri rumah tahfizh dapat menghafal dua juz al-Qur’an dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:56
Last Modified: 31 Mar 2016 03:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23890

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo