UMM Institutional Repository

KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR ANAK SALEH KOTA MALANG

Wahyuni, Siti (2016) KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR ANAK SALEH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiwahyun-42033-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiwahyun-42033-2-babi.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi yang harus dimiliki guru mata pelajaran PAI dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligencesuntuk ABK di SD Anak Saleh dan Mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligencesuntuk ABK di SD Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences untuk ABK di SD Anak Saleh adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi guru PAI di SD Anak Saleh sudah sesuai dengan standar kompetensi guru SD menurut departemen pendidikan nasional (Depdiknas), yaitu memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selain kompetensi tersebut, guru PAI di SD Anak Saleh juga memiliki kompetensi sebagai Guru Pendamping Khusus (GPK) dan mengajar dengan strategi multiple intelligences, dan (2) pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences untuk ABK di SD Anak Saleh dimulai dengan tahap mempersiapkan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut berbeda dengan perangkat pembelajaran reguler, terutama pada tahap pembuatan RPP yang harus disesuaikan dengan ABK dan multiple intelligences siswadi kelas. Pelaksanaan pembelajaran memiliki tahapan sebagai berikut: (1) pendahuluan yang terdiri dari zona alfa, pemanasan, pre-teach, Scene Setting, (2) kegiatan inti, dan (3) penutup. Penilaian pembelajaran tersebut menggunakan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:47
Last Modified: 31 Mar 2016 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23886

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo