UMM Institutional Repository

STRATEGI GURU PAI MENGATASI KESULITAN MURID KELAS V DALAM MEMBACA AL-QURAN DI SD WAHID HASYIM DINOYO MALANG

MAHMUDAH, SITI (2016) STRATEGI GURU PAI MENGATASI KESULITAN MURID KELAS V DALAM MEMBACA AL-QURAN DI SD WAHID HASYIM DINOYO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitimahmud-42035-1-pendahul-n.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitimahmud-42035-2-bab1.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Setiap muslim berkuwajiban untuk mengajarkan dan mengamalkan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia di dunia. Tetapi fenomena saat ini dengan kemajuan tehnologi yang serba canggih, ternyata masih banyak baik anak-anak, remaja dan orang dewasa yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Bahkan di zaman modern ini para orangtua hanya sibuk mencarikan les tambahan buat putra-putrinya untuk mengejar kekurangan di sekolah, tanpa memperdulikan jamnya berbenturan dengan jam mengaji. Untuk itu belajar membaca al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini, agar memudahkan mereka dalam membaca al-Qur’an. Skripsi ini, peneliti membatasi pembahasan rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian, yaitu 1) Apa saja kesulitan murid dalam membaca al-Qur’an di SD Wahid hasyim Dinoyo Malang?2) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan murid kelas V dalam membaca al-QurÂ’an di SD Wahid Hasim Dinoyo Malang? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kesulitan murid kelas v dalam membaca al-Qur’an, 2) mendeskripsikan strategi guru PAI mengatasi kasulitan murid kelas v dalam membaca al-Qur’an Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI dan murid kelas 5 di SD Wahid Hasyim Dinoyo Malang. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara,. Sedangkan analisa datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan- kesulitan yang dihadapi murid kelas 5 dalam membaca al-Qur’an yaitu: Sebagian murid mengalami kesulitan mengucapkan kalimat sesuai dengan makhorijul huruf, sebagian lagi kesulitan dalam menerapkan ilmu tajwid yaitu panjang pendek, idhar dan ikhfa’, dan sebagian lagi kesulitan dalam membaca jika ada tanda waqaf. 2) Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan murid dalam membaca al-Qur’an yaitu ditempuh dengan 2 cara yaitu 1. secara umum (Makro): mendisiplinkan murid membaca al-Qur’an dan hafalan surat pendek setiappagi sebelum pelajaran dimulai, menggunakan tutor sebaya dan memberikan kartu prestasi yang ditandatangani orang tua serta memberikan reeward bagi siswa yang mencapai target. 2. Secara Khusus (Mikro): yaitu Menggunakan metode Iqra’ yang digabung dengan metode baghdadi dengan menunjukkan gambar tempat keluarnya huruf, memberikan materi tajwid dan langsung dipraktekkan dalam membaca al-Qur’an sertadiberikan jam tambahan bagi murid yang belum lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:43
Last Modified: 31 Mar 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23884

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo