UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA ONLINE TENTANG KENAIKAN HARGA BERAS DALAM NEGRI (Analisis Framing Media Kompas.com dan Republika.co.id Periode 20 Februari - 20 Maret 2015)

Nugroho, Wahyu (2016) KONSTRUKSI MEDIA ONLINE TENTANG KENAIKAN HARGA BERAS DALAM NEGRI (Analisis Framing Media Kompas.com dan Republika.co.id Periode 20 Februari - 20 Maret 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyunugro-41745-1-pendahul-n.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyunugro-41745-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Pro dan kontra kebijakan kenaikan harga beras lokal yang terjadi bulan Februari tahun 2015 oleh presiden Jokowi tidak terlepas dari pantauan media untuk diberitakan kepada masyarakat. Kompas.com dan Republika.co.id sebagai media online nasional turut andil untuk menginformasikan kepada masyarakat. Permasalahannya adalah pada persoalan yang sama namun terdapat dua perbedaan penyebab terjadinya masalah tersebut. Jadi fokus penelitian ini untuk mengintepretasikan bingkai pemberitaan pada kedua portal berita terkait kebijakan kenaikan harga beras lokal. Pada tinjauan pustaka peneliti mencantumkan teori hirarki pengaruh isi media masssa dari Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese. Asumsi dari teori hirarki pengaruh isi media adalah bagaimana isi pesan media yang disampaikan kepada khalayak adalah hasil pengaruh dari kebijakan internal organisasi media dan pengaruh dari eksternal media itu sendiri. Pengaruh internal pada konten media sebenarnya berhubungan dengan kepentingan dari pemilik media, individu wartawan sebagai pencari berita, rutinitas organisasi media. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh pada konten media berhubungan dengan para pengiklan, pemerintah masyarakat dan faktor eksternal lainnya. ` Metode yang digunakan yaitu analisis Framing dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini yaitu intepretatif dengan fokus penelitiannya pada berita yang dirilis periode 20 Februari - 20 Maret 2015 yaitu 5 berita Kompas.com dan 5 berita Republika.co.id. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari website Kompas.com dan Republika.co.id. Kemudian, peneliti menggunakan teknik analisis framing model Robert N. Entman yang terdapat 4 elemen untuk dijadikan alatnya. 4 elemen tersebut diantaranya Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation. Penelitian ini menemukan bahwa Kompas.com membingkai kebijakan kenaikan harga harga beras lokal pada pemerintahan Jokowi sebagai kebijakan yang bermasalah, karena kebijakan naiknya harga beras lokal terjadi disebabkan oleh pemerintah yang lalai dalam menjalankan tugasnya selain itu kompas juga membandingkan kepemerintahan Jokowi yang masih belum bisa membawa perubahan lebih baik dengan kepemerintahan sebelumnya (SBY). Adapun bingkai Republika.co.id pada kebijakan kenaikan harga harga beras lokal lebih sebagai pihak yang menerima atas kebijakan tersebut. Dalam pemberitaanya Republika menjelaskan penyebab naiknya harga beras karena faktor alam seperti banjir dan terlambatnya waktu panen. Selain itu, Republika juga menjelaksan pemerintah ikut andil dalam masalah beras hanya saja antisipasi yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi naiknya harga beras baru berjalan beberapa hari saja. Ditemukan penemuan baru, Kompas yang memiliki ideologi Humanisme Transendental (persatuan dalam perbedaan) yang membuat Kompas ingin menempatkan kemanusiaan sebagai nilai tertinggi, mengarahkan fokus perhatian dan tujuan pada pada nilai-nilai transenden atau mengatasi kepentingan kelompok tetapi dalam hal ini pemberitaan kompas cenderung menyudutkan pemerintah sebagai control officer stabilitas harga beras serta menjelaskan ketidakseriusan pemerintah dalam mengatasi naiknya harga beras. Untuk Republika yang memiliki ideologi Islam Moderate (agamis) yang berarti menampilkan Islam sebagai satu kesatuan, cenderung menunjukkan kesalahan sebenarnya datang dari oknum (bukan pemerintah) Republika menyebut naiknya harga beras karena dikondisikan oleh oknum tertentu yang memiliki tujuan agar pemerintah melakukan impor beras.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:45
Last Modified: 31 Jan 2018 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo