UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN KALĀM PADA PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB FAI-UMM PERIODE 2014-2015

HAZQIAH, NUR (2015) PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN KALĀM PADA PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB FAI-UMM PERIODE 2014-2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhazqiah-40439-1-pendahul-x.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhazqiah-40439-2-babi.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Kalām pada program pembelajaran bahasa Arab FAI-UMM periode 2014-2015. Dilihat dari aspek keterampilan dalam menggunakan pendekatan dalam pengelolaan kelas, keterampilan mengatur ruang kelas, keterampilan dalam membina kedisiplinan peserta didik, , keterampilan menciptakan iklim kelas yang kondusif, strategi dan teknik dalam pembelajaran Kalām, Media Pembelajaran Kalām. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian tenaga Pengajar Kalām kelas A, C, E. Pemilihan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Kalām sebagai obyek penelitian karena Laboratorium bahasa Arab merupakan program yang memudahkan mahasiswa mengikuti mata kuliah berbasis bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Kalām pada program pembelajaran bahasa Arab FAI-UMM periode 2014-2015 meliputi keterampilan pengelolaan kelas yaitu:(1) Menggunakan pendekatan pengelolaan kelas dengan pendekatan pengajaran, sosio-emosional dan pendekatan kekuasaan;(2) Mengatur ruang kelas dengan formasi tradisional dan formasi kelompok untuk kelompok;(3) Mendisiplinkan peserta didik dengan teknik Internal Control dan External Control;(4) Menciptakan iklim kelas dengan sikap guru yang otoriter, sikap guru yang nyata, sikap guru yang pesimis. Metode pembelajaran Kalām berupa metode ceramah, tanya jawab, latihan, bercerita, diskusi. Strategi pembelajaran Kalām dengan Ta’bir al-Ara’ al-Ra’issiyyah dan Khibrat Mutsirah. Media dalam pembelajaran Kalām berupa white board, buku ajar Kalām, handphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:36
Last Modified: 31 Mar 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo