UMM Institutional Repository

PERJUANGAN AYAH UNTUK ANAK DALAM FILM NASIONAL (Analisis Semiotik Film Tampan Tailor Karya Guntur Soeharjanto)

Rahmawan, Dedi (2016) PERJUANGAN AYAH UNTUK ANAK DALAM FILM NASIONAL (Analisis Semiotik Film Tampan Tailor Karya Guntur Soeharjanto). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedirahmaw-41961-1-pendahul-n.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedirahmaw-41961-2-babi.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Film adalah sebagai salah satu jenis komunikasi massa, film merepresentasikan realitas kehidupan masyarakat. Film dapat menggambarkan berbagai dimensi kehidupan dimasyarakat termasuk makna perjuangan ayah untuk anak. Film ‘Tampan Tailor’ yang berjenis drama keluarga menggambarkan tentang bagaimana kehidupan seorang penjahit yang baru saja ditinggal istrinya, kehilangan toko jahitnya dan hampir saja kehilangan masa depan anaknya karena dikeluarkan dari sekolah karena alasan tidak ada biaya. Meski begitu, tetap tegar dan selalu berusaha untuk kembali bangkit dan mulai mencoba segala jenis pekerjaan untuk menyambung hidup keluargga. Hal ini lah yang menjadi titik awal ketertrikan penulis melakukan penelitian untuk mengungkap bagaimana makna perjuangan ayah untuk anak dalam sebuah film Tampan Tailor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu semiotik yang mengacu pada teori Roland Bhartes yang ditampilkan dalam bentuk denotasi, konotasi dan mitos. Dilain itu peneliti juga mengaitkan dengan teori komunikasi massa dan teori sosiologi keluarga sehingga diharapkan mendapatkan hasil yang lebih tepat. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2015 dengan menggunakan pengumpulan data dokumentasi dan kepustakaan yang diharapakan dapat menemukan bagaimana penggambaran sosok makna perjuangan ayah untuk anak dalam film Tampan Tailor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam film Tampan Tailor, makna perjuangan ayah untuk anak direpresentasikan dalam 4 katogori, yaitu: sosok ayah sebagai kepala rumah tangga, sosok ayah sebagai pendidik, sosok ayah sebagai pelindung dan sosok ayah sebagai pengganti ibu. Dari katogori tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam film ini makna perjuangan ayah untuk anak direpresentasikan sebagai sosok kepala rumah tangga yang menafkahi keluarganya dan menjadi panutan oleh anak, dilain sisi sosok ayah sebagai pendidik digambarkan sebagai ayah yang memiliki disiplin dengan kasih sayang terhadap keluarga. sedangkan sosok ayah sebagai pelindung digambarkan dalam mengawasi perkembangan anak demi menjaga mental anak sehingga tidak minder dalam bermasyarakat. Selain itu sosok ayah sebagai pengganti ibu digambarkan untuk dituntut memberikan bersikap tegas di suatu waktu dan bersikap lembut dan menunjukkan kasih sayang serta perhatiannya di waktu yang lain kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:36
Last Modified: 31 Mar 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo