UMM Institutional Repository

PERANAN PENGURUS MA’HAD AL-QALAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MAN 3 KOTA MALANG

Siswandini, Azalia Nita Nur Pratiwi (2015) PERANAN PENGURUS MA’HAD AL-QALAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MAN 3 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-azalianita-40773-1-word.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-azalianita-40773-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan yang digunakan pengurus Ma’had Al-Qalam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di MAN 3 Kota Malang. Selain itu, juga mendeskripsikan bagaimana bentuk pelaksanaan Ma’had Al-Qalam terhadap pembentukan akhlak siswa di MAN 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, serta pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Dalam hal ini yang menjadi subyek penelitian adalah Pembina Ma’had Al-Qalam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan; (1) materi yang diajarkan terhadap pembentukan moral siswa di MAN 3 Kota Malang antara lain adalah pembentukan kelas Ta’lim yang Pertama Program Reguler, yaitu kelas yang dikhususkan bagi santri yang mempunyai latar belakang SMP atau sekolah umum yang belum mempunyai bekal cukup untuk bidang agama atau bahasa arab. Kedua, Program Takhossus, yaitu kelas yang dikhususkan bagi santri yang mempunyai latar belakang agama yang cukup, baik itu dari lulusan Mts maupun Pondok Pesantren. Ketiga Program MAKBI, yaitu kelas yang dikhususkan bagi santri yang mengambil jurusan agama di sekolah dan mempunyai kemampuan bahasa arab dengan baik. Keempat Program Tahfidz, yaitu bagi santri selain jurusan MAKBI yang ingin lebih fokus dalam bidang tahfidz. (2) peranan pembina ma’had yang paling utama adalah melakukan pendekatan terhadap santri yang bermasalah serta mengasah pembentukan moral santri dengan cara mengadakan pengajian rutin setiap malam minggu dan selasa. (3) Langkah-langkah yang digunakan oleh Pembina Ma’had Al-Qalam terhadap pembentukan moral siswa di MAN 3 Kota Malang antara lain; pertama mengadakan pembinaan pengasuh setiap selesai shalat subuh dan shalat maghrib, kedua pembinaan langsung dari kepala sekolah MAN 3 Kota Malang kepada santri Ma’had Al-Qalam yang diadakan setiap sebulan sekali, ketiga adalah pembentukan tugas bagi para pengasuh ma’had.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:29
Last Modified: 31 Mar 2016 03:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo