UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS METODESNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 13 MALANG

MUFIDAH, LAILIYATUL (2015) EFEKTIVITAS METODESNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 13 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiyatul-40774-1-pendahul-n.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiyatul-40774-2-bab1.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Penerapan metode Snowball Trowing dengan media TTS pada kelas VIIIF yang terdiri dari siswa-siswi hiperaktif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research). Jenis tindakan mengikuti tahap-tahap pola pelaksanaan penelitian eksperimen yaitu pola kelompok tunggal. Subyek penelitiana dalah siswa kelas VIIIF SMPN 13 Malang, pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah pesertadidik 35 orang. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball throwing. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode :wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data hasil pengamatan pre test dan post test diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIdan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PAI siswa melalui metode pembelajaran Snowball throwing mengalami peningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi makanan dan minuman halal dan haram pada pre test diperoleh nilai rata–rata kelas 60,8 dengan ketuntasan belajar 8,6% dan pada post tes nilai rata-rata kelas 88 dengan ketuntasan belajar 97,14%. Aktivitas diskusi diperoleh rata-rata nilai 86,4. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata–rata kelas dari 60,8 menjadi 88 dengan prosentase ketuntasan 8,6% menjadi 9,14% serta menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan belajar menggunakan metode Snowball throwing termasuk criteria baik sekali (A) karana ≥75. Analisa statistic menggunakan Uji t (T test) yang menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pre test dan post test yakni sebelum diberikan (treatment) dan sesudah penggunaan metode Snowball throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIIIF SMPN 13 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:26
Last Modified: 31 Mar 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo