UMM Institutional Repository

TEMA PESAN DAKWAH DALAMFILM MUSIKAL (Analisis Isi Terhadap Film Perjuangan dan Doa karya Rhoma Irama)

GUSTYAN, ANDY (2016) TEMA PESAN DAKWAH DALAMFILM MUSIKAL (Analisis Isi Terhadap Film Perjuangan dan Doa karya Rhoma Irama). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andygustya-42084-1-pendahul-n.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andygustya-42084-2-babi.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pada salah satu film Pejuangan dan Doa yang di bintangi oleh Rhoma Irama dirilis tahun 1980 film ini berdasar pada jenis genre musikal yang dimana Rhoma melakukan pesan dakwah dengan media musik dangdut. Dalam film ini Rhoma di tuduh mengkomersilkan agama dengan musik dangdut dan ia juga dihadapi dengan masalah lingkungan yang tidak baik sehingga Rhoma dengan tekad yang kuat ia berdakwah untuk menyampaikan kebaikan kepada rekan-rekanya dan lingkungan disekitar. Bertolak dari latar belakang diatas, rumusan masalah dari penelitian ini adalah tema pesan dakwah apa saja yang muncul dalam film Perjuangan dan Doa. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui tema pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam film Perjuangan dan Doa. Konsep teori dalam film ini menggunakan media massa elektronik yaitu film. Film sebagai media massa adalah media komunikasi bersifat audio visual untuk menyampaikan pesan kedapa sekelompok orang yang berkumpul pada suatu tempat. Maka dari itu kandungan media dakwah dalam film harus mempunyai unsur-unsur pesan nilai keagamaan islam sehingga kita sebagai khalayak bisa mengetahui nilai-nilai yang positif dalam kandungan film tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan menggunakan dasar penelitian analisis isi yang dimana data yang diperoleh berasal dari film Perjuangan dan Doa dengan mempunyai jumlah total 48 scene. Kemudian dianalisis sesuai struktur kategori Aqidah, Akhlak, dan Syariah yang merujuk pada isi pesan dakwah. Satuan ukur dalam penelitian ini adalah frekuensi dari penyampain tema pesan dakwah lewat adegan, dialog, serta soundtrack pada scene. Setelah itu data dimasukan kedalam tabel durasi (koding) dengan dibantu tiga orang koder dan hasil pengamatan data tersebut diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Holsty. Hasil dari sajian analisis yang berdasarkan pengkodingan data yang dilakukan oleh peneliti dan 2 koder terdapat 48 scene data menunjukan bahwa setiap scene yang terdapat pada film baik dari setiap adegan, dialog serta soundtrack mewakili unsur-unsur pesan dakwah yang diteliti, antara lain adalah Aqidah dengan presentase 32%, Akhlak dengan presentase 43%, serta Syariah dengan presentase 25%. Hal ini menunjukan bahwa pesan dakwah yang mendominasi adalah unsur Akhlak yang sebagaimana mengacu kepada presentase pada penelitian ini.Didapatkankesimpulanbahwa didalam film Perjuangan dan Doa terdapat pesan aqidah yang berkaitan dengan keimanan kepada Allah SWT, sedangkan akhlak berkaitan perbuatan yang baik dengan menjauhi perbuatan haram, dan syariah lagu dangdut yang dibawakan oleh Rhoma Irama berdasarkan azas-azas islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:24
Last Modified: 31 Mar 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo