UMM Institutional Repository

PERAN PENGASUH PESANTREN DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS MAHASISWI DI PESANTREN MAHASISWA/MAHASISWI FIRDAUS MERJOSARI MALANG

FAUZIYAH, TIKA (2015) PERAN PENGASUH PESANTREN DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS MAHASISWI DI PESANTREN MAHASISWA/MAHASISWI FIRDAUS MERJOSARI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tikafauziy-39469-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tikafauziy-39469-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah mahasiswa pada era sekarang lebih banyak mementingkan kecerdasan intelektual dan kekuatan fisik. Padahal mahasiswa adalah calon pemimpin Negara. Menjadi seorang pemimpin, adalah kewajiban untuk memiliki keseimbangan kecerdasan antara intelektual, fisik dan kecerdasan spiritual. Maka dalam hal ini, mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa membutuhkan bimbingan untuk mengasah kecerdasan spiritual dan religiusitas mereka.. Pesantren dirasa sebagai tempat yang dibutuhkan untuk membina religiusitas mahasiwa/mahasiswi. Dan pengasuh adalah orang yang dibutuhkan dalam pembinaan religiusitas mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut maka, peneliti ingin meneliti peran pengasuh pesantren dalam membina religiusitas mahasiswi di pesantren Firdaus Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran pengasuh pesantren dalam membina religiusitas mahasiswi di pesantren Firdaus Merjosari Malang; (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam membina religiusitas mahasiswi di pesantren Firdaus Merjosari Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengauh pesantren dan santri sebagai informan. Adapun analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Peran pengasuh pesantren dalam membina religiusitas mahasiswi memiliki dua peran yaitu: sebagai pembimbing dan penanggung jawab. Faktor pendukung dalam membina religiusitas mahasiswi antara lain: latar belakang keluarga yang menginginkan putrinya untuk lebih mendalami ilmu agama, kemauan dan motivasi santri untuk belajar agama yang mereka sadari, adanya kajian-kajian tentang akhlak dan kepribadian, muÂ’allim yang mumpuni dalam mengajarkan pelajaran akhlak, pendekatan interpersonal yang dilakukan oleh pengasuh dan pembimbing, adanya teguran langsung yang dilakukan untuk mengingatkan santri. Faktor penghambat: pengaruh lingkungan yang negatif sangat mempengaruhi pembinaan religiusitas mahasiswi, adanya sarana prasarana wifi yang membuat mereka kecenderungan dengan media sosial, aktivitas mahasiswi yang bermacam dan berbeda membuat pengasuh kesulitan untuk mengkondisikan pembinaan mahasiswi, saat pemberian pembelajaran, ada beberapa santri yang kurang peka dalam mengikuti kegiatan belajar yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:16
Last Modified: 31 Mar 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo