UMM Institutional Repository

PENERAPAN NILAI NILAI AKHLAK DALAM BUKU DONGENG SI KANCIL DAN TEMAN-TEMANNYA

AGUSTIN, TRINITA (2015) PENERAPAN NILAI NILAI AKHLAK DALAM BUKU DONGENG SI KANCIL DAN TEMAN-TEMANNYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trinitaagu-39473-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trinitaagu-39473-2-babi.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Akhlak sebagai pondasi dasar yang mendasari diri seseorang dalam berprilaku, pemikiran sikap dan tingkah laku seseorang kedepannya, ini menjadi penting untuk diperhatikan pada generasi penerus, yang nantinya akan sangat besar pengaruhnya untuk bangsa ini. Maka penanaman akhlak sejak dini harus benar-benar diperhatikan, sebab penanaman akhlak yang baik menjadi modal dasar atas perkembangan pribadi anak selanjutnya. Semakin menurunnya minat baca generasi muda, dikarenakan pesatnya perkembangan media internet, dibutuhkan banyak media baca yang menarik sekaligus memiliki manfaat lebih untuk generasi muda kita, maka dipilihlah dongeng si Kancil dan Teman-temannya yang mengandung pesan-pesan moral di dalamnya untuk dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak di usia dini. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada para orang tua maupun pendidik bahwa buku Dongeng si Kancil dan Teman-temannya bisa digunakan sebagai bahan pengajaran. Selanjutnya nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam dongeng-dongeng tersebut diharapkan dapat diresapi dan diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif , yang mana penulis menganalisis buku dongeng si Kancil dan Teman-temannya untuk mengetahui apa saja nilai-nilai akhlak yang terkandung di dalam buku tersebut lalu bagaimana penerapan akhlak tersebut dalam cerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan ruang lingkupnya, niali akhlak yang terkandung dalam buku cerita terbagi menjadi tiga, yaitu: (1) nilai akhlak terhadap Allah: syukur, taubat, (2) nilai akhlak terhadap diri sendiri: tidak mudah putus asa, optimis, menepati janji, pemaaf, , tawadhuÂ’, rajin, sabar, bijaksana, jujur, amanah, taat dan patuh kepada orang tua, tawakal, dan adil.(3) nilai akhlak terhadap sesama: ukhuwah Islamiyah (saling tolong menolong), tidak membeda-bedakan dalam berteman, membeda-bedakan dalam berteman, amar maÂ’ruf nahi munkar, dan adab bertamu dan menerima tamu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:08
Last Modified: 31 Mar 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo