UMM Institutional Repository

i PESAN SOSIAL DALAM PORTAL BERITA (Analisis Isi Dalam MediaMahasiswa.com Periode Januari-Maret 2015)

SARI, DINAR CYNTHIA (2016) i PESAN SOSIAL DALAM PORTAL BERITA (Analisis Isi Dalam MediaMahasiswa.com Periode Januari-Maret 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinarcynth-42185-1-pendahul-n.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinarcynth-42185-2-babi.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Media online yang sering kita sebut dengan internet, yang termasuk ke dalam media massa. Seperti yang kita ketahui, internet menyuguhkan semua informasi yang dibutuhkan, baik informasi yang sedang hangat dibicarakan, maupun masyarakat yang akan membaca lagi informasi yang sudah lama berlalu, disini kelebihan dari media online dari media-media elektronik, maupun cetak. Bahkan media massa selain internet juga membutuhkan internet sebagai alat penyebaran informasi pula. Hal itu terjadi karena kemampuan manusia yang terus melakukan pengembangan, eksplorasi, dan penelitian demi kemajuan di bidang komunikasi massaKetika Konglomerasi media sudah semakin marak di Indonesia, Media Online Media Mahasiswa hadir dengan mengusung independen sebagai tagline medianya. Peneliti akan megambil pesan sosial dari web portal Media Mahasiswa karena, Manusia sendiri adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Tujuan penelitiannya adalah untuk menghitung frekuensi kemunculan pesan sosial dalam portal berita Media Mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan format deskriptif. Unit analisis ini menggunakan pendekatan unit analisis sintaksis. Satuan ukur dalam penelitian ini adalah teks maupun kosakata dari jumlah kemunculan pesan sosial Media Mahasiswa. Penelitian Kuantitatif biasanya di gunakan untuk membuktikan dan menolak suatu teori. Karena penelitian ini biasanya bertolak dari suatu teori yang kemudian diteliti, dihasilkan data, kemudian di bahas dan di mbil kesimpulan. Contoh penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical yang diolah dalam metode statistika (Sarifudin, 2001: 5). Alasan peneliti memilih pendekatan kuantitatif sebagai metode yang tepat untuk mengukur seberapa sering frekuensi kemunculan pesan sosial yang diposting dalam Media Mahasiswa. Peneliti ingin menjelaskan frekuensi pada generalisnya. Berdasarkan pengkodingan data yang dilakukan oleh peneliti, koder 1 dan koder 2 terdapat seratus lima puluh delapan (158) kalimat yang berhubungan dengan 7 kategorisasi pesan sosial, dari tiga ratus delapan (308) kalimat. Atau jika diprosentasekan dalam persen berjumlah 51% Dengan data penelitian sebagai berikut : Data pertama yang diambil dari peneliti dengan koder 1 menunjukkan coofisien reliabiltas sebesar 0,89 kemudian diuji kembali berdasarkan peluang probabilitasnya agar lebih valid dengan rumus scott Pi antara peneliti dan koder 1 berhasil menunjukkan reliebelitas diangka 0,87. Sedangkan untuk Data kedua yang diambil dari peneliti dengan koder 2 menunjukkan coofisien reliabiltas sebesar 0,87. kemudian diuji kembali berdasarkan peluang probabilitasnya agar lebih valid dengan rumus scott Pi antara peneliti dan koder 2 berhasil menunjukkan reliebelitas diangka 0,85. Dari data tersebut bisa diartikan bahwa berita pada portal mediamahasiswa.com yang berhubungan pesan sosial pada edisi Januari-Maret 2015 realibel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:08
Last Modified: 31 Mar 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo