UMM Institutional Repository

METODE PENENTUAN LIMA WAKTU SALAT DI PONDOK PESANTREN AL-BAYYINAH SIDAYU GRESIK JAWA TIMUR

Aziz, Farikhul (2015) METODE PENENTUAN LIMA WAKTU SALAT DI PONDOK PESANTREN AL-BAYYINAH SIDAYU GRESIK JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farikhulaz-39501-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farikhulaz-39501-1-pendahul-n.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Metode Penentuan Lima Waktu Salat di Pondok Pesantren Al-Bayyinah Sidayu Gresik Jawa Timur ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang dipakai dalam penentuan lima waktu salat di pondok pesantren al-Bayyinah Sidayu Gresik Jawa Timur yang menimbulkan perbedaan dalam waktu pelaksanaan salat di daerah sekitar. Peneliti merumuskan masalah ini yakni metode apa yang di pakai oleh pondok pesantren Al-Bayyinah Sidayu Gresik dalam menentukan waktu salatnya sehingga ada selisih dalam mengerjakan salat dengan masjid sekitar yang mengikuti ketentuan Kementrian Agama. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan karena peneliti melakukan pengamatan secara langsung di lapangan yaitu dengan jalan wawancara dan observasi dengan narasumber yang berkompeten dalam hal ini di dalam pondok pesantren al-Bayyinah Sidayu Gresik, namun tidak menutup kemungkinan didukung dengan data-data dokumenter secara tertulis yang didapatkan dari instansi al-Bayyinah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang di gunakan dalam penentuan lima waktu salat di pondok pesantren al-Bayyinah Sidau Gresik yaitu menggunakan metode rukyat dengan observasi secara langsung di lapangan dengan teori yang sudah ada dalam Hadis-hadis nabi, seperti menggunakan tongkat istiwak pada waktu siang dan sore hari sedangkan pada malam dan pagi hari yaitu dengan melihat matahari secara langsung , sehingga dari apa yang diperoleh dalam menentukan waktu shalat menurut keyakinanya bahwa tanda yang sudah mereka buktikan dilapangan pada waktu tersebut sudah masuk waktu salat sehingga dari metode itu ada selisih atau perbedaan dari metode hisab yang di gunakan oleh Kementrian Agama sekitar 2-8 menit, perbedaan waktu dari kementrian agama di karenakan keakuratan pengelihatan manusia terbatas berbeda dengan menggunakan metode hisab yang menggunakan alat bantu canggi yang mengetahui lebih detail kapan dan dimana posisi matahari pada waktu salat tersebut, akan tetapi mengetahui letak dan posisi matahari ketika waktu salat tak lepas dari teori-teori al-Quran dan al-hadits.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:04
Last Modified: 31 Mar 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23857

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo