UMM Institutional Repository

PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF (Studi pada Gaya Hidup Fashion Mahasiswa Laki-laki Kangean UMM)

Wafi, Abdul (2016) PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF (Studi pada Gaya Hidup Fashion Mahasiswa Laki-laki Kangean UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulwafi2-42425-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulwafi2-42425-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk menjadi status mahasiswa, remaja Kangean harus melanjutkan pendidikannya ke Kota, karena di pulau Kangean tidak ada perguruan tinggi. Salah satu alternatif kota tujuan utama untuk menjadi mahasiswa yaitu, melanjutkan pendidikannya ke Kota Malang. Skripsi ini meneliti tentang Perubahan Gaya Hidup Konsumtif (studi pada gaya hidup fashion mahasiswa laki-laki Kangean UMM). Dalam hal ini penulis mencoba menemukan dan menggambarkan bagaimana perubahan gaya hidup mahasiswa Laki-laki Kangean UMM yang mengarah pada kehidupan konsumtif terhadap barang-barang fashion bermerk di Malang. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah tempat dimana peneliti menemukan keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti. Dalam penelitian ini lokasi yang ditentukan di Malang, Jawa Timur. Subyek penelitian ditentukan secara purposive, yaitu salah satu strategi menentukan subyek yang paling sering digunakan dalam penelitian, dimana subyek ditentukan sesuai dengan kriteria terpilih yang relevan dengan masalah penelitian tertentu. Yaitu, 1. Subyek merupakan mahasiswa (minimal semester 3) Kangean yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang. 2. Subyek merupakan mahasiswa laki-laki Kangean yang terdaftar di organisasi Ikatan Mahasiswa Kepulauan Kangean Malang (IMAKA). Teori yang digunakan adalah teori dari Jean Baudrillard tentang Simulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa Kangean yang melanjutkan kuliah dan tinggal di Malang beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya, adaptasi ini juga terjadi pada aktivitas-aktivitas konsumsi baik barang maupun jasa. Mahasiswa Kangean UMM melakukan perubahan konsumtif terhadap barang fashion setelah menginjak status mahasiswa di Malang dan menjadikan tubuh mereka sebagai arena simulasi-simulasi penggunaan barang-barang fashion bermerk untuk mendapatkan kepuasan batin, prestise, dan penghormatan yang lebih dari lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:49
Last Modified: 31 Mar 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo