UMM Institutional Repository

PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA (Studi Kasus Pada Anak TKI di Desa Gelaman, Kec. Arjasa Kab. Sumenep. Jawa Timur)

Aini, Isno (2016) PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA (Studi Kasus Pada Anak TKI di Desa Gelaman, Kec. Arjasa Kab. Sumenep. Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnoaini20-42426-2-babi.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnoaini20-42426-1-perilaku-a.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyimpang pada remaja merupakan masalah yang sering ditemui dalam lingkungan kehidupan sekitar kita. Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan tata nilai dan norma-norma yang ada di dalam masyarakat. Berbagai macam bentuk perilaku yang tergolong kedalam perilaku menyimpang, diantaranya adalah minum-minuman keras, seks diluar nikah, merokok di usia belia dan mencuri. Perilaku menyimpang seperti ini sudah termasuk masalah sosial yang harus segera di cari jalan keluarnya, agar tidak terjadi masalah sosial yang lebih besar dikemudian hari Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, dimana lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Gelaman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni informan telah ditentukan sebelumnya yaitu, (1). Para remaja pelaku penyimpangan di Desa Gelaman tersebut. (2). Orang yang mengasuh remaja yang melakukan penyimpangan, seperti bibi dan nenek. (3). Tokoh masyarakat seperti kepada desa, guru ngaji (datok). Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 informan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori Fungsional dari Robert K. Merton. Merton mengatakan bahwa adanya kehancuran dalam masyarakat tidak lepas dari adanya disfungsi. Dikaitkan dengan masalah ini, maka adanya disfungsi keluarga yang ada di desa gelaman, maka akan timbul fungsi laten, dimana fungsi itu adalah fungsi yang tidak diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:47
Last Modified: 31 Mar 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23845

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo