UMM Institutional Repository

PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT PESISIR (Studi Pada Desa Waepoti, Kecamatan Waplao, Kabupaten Buru, Maluku)

Mukaddar, Narya (2015) PERUBAHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT PESISIR (Studi Pada Desa Waepoti, Kecamatan Waplao, Kabupaten Buru, Maluku). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-naryamukad-39503-1-pendahul-n.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-naryamukad-39503-2-babi.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Desa Waepoti terletak dibagian pesisir pulau Buru, berdasarkan aktivitasnya masyarakat desa Waepoti dalam pencaharian kebutuhan pokok hidup adalah nelayan dan pegawai negeri sipil. Berada dibagian pesisir dan jauh dari kota membuat masyarakat desa Waepoti terlambat disentuh perubahan yang bersifat modern. Gaya hidup masyarakat desa Waepoti pada tahun 2005-2009 terhitung sangat tradisional. Mulai dari pola pikir, mata pencaharian, pendidikan dan peralatan hidup. Memasuki tahun 2010-2014 gaya hidup masyarakat desa Waepoti mulai berubah. Sebagian besar dari mereka sudah modern dari cara berpikir, berpakaian dan penididikannya. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, bagaimanakah perubahan gaya hidup masyarakat pesisir desa waepoti, kec. Waplao, kab. Buru. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana perubahan gaya hidup masyarat desa waepoti. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian deskritif kualitatif . Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori Gaya Hidup dari Pierre Bourdieu dan teori Fungsionalisme dari Talcot Parson. Hasil dari penelitian ini, perubahan gaya hidup pada masyarakat desa waepoti karena adanya kepemilikan modal dan masyarakat desa waepoti masih memegang prinsip kekeluargaan. Perubahan gaya hidup yang terjadi pada masyarakat desa waepoti yaitu pada sistem pengetahuan, sistem peralatan hidup dan teknologi, dan sistem mata pencaharian. Saran untuk masyarakat desa waepoti agara lebih memperhatikan pendidikan dan cara berpakaian pada anak-anak mereka. dan untuk pemerintah desa waepoti agar menindak lanjuti para penjual miras di lingkungan desa waepoti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:29
Last Modified: 31 Mar 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo