UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PERILAKU SELFIE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi Pada Siswi SMAN 7 Malang Pengguna Aktif Media Sosial Instagram)

Irianto, Putra (2016) HUBUNGAN PERILAKU SELFIE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi Pada Siswi SMAN 7 Malang Pengguna Aktif Media Sosial Instagram). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrairian-42258-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrairian-42258-2-babi.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Fenomena selfie dan mengunggahnya di media sosial menjadi trend saat ini. Foto selfie biasanya dilakukan dengan menggunakan smartphone, lalu diunggah ke media sosial. Aplikasi instagram adalah salah satu media sosial yang terpopuler untuk mengunggah foto diri sendiri atau selfie. Melalui media tersebut seseorang dapat mengekspresikan berbagai bentuk kenggulan yang dimiliki baik secara fisik maupun non fisik sehingga kepercayaan diri dapat terbentuk. Akan tetapi di satu sisi melakukan foto selfie dan mengunggahnya ke instagram juga dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang mengungkapkan kebiasaan selfie merupakan perilaku yang bisa membuat wanita kehilangan kepercayaan diri terhadap bentuk tubuhnya. Melihat fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara perilaku selfie dengan kepercayaan diri pada siswi SMAN 7 Malang pengguna aktif media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik analisis data Korelasi Pearson. Data dikumpulkan melalui angket dan diolah menggunakan skala likert. Terdapat dua variabel yaitu variabel perilaku selfie (X) dan variabel kepercayaan diri (Y). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswi kelas 2 SMAN 7 Malang, dengan jumlah sampel 58 responden yang ditentukan melalui simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku selfie dengan kepercayaan diri pada remaja kelas 2 SMAN 7 Malang dilihat dari hasil analisis korelasi dengan r.hitung = 0,322 yang lebih besar dari r.tabel = 0,260. Adapun sumbangan variabel perilaku selfie terhadap kepercayaan diri (r2) sebesar 0,013 = 10,3 %. Sedangkan sisanya 89,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kepercayaan diri sudah dapat ditunjukkan dari perilaku para remaja SMAN 7 Malang yang menjadikan foto selfie sebagai media untuk menampilkan kelebihan dan potensi diri, juga karena adanya dorongan untuk menunjukkan kesuksesan, kecantikan, diri sendiri kepada orang lain. Remaja pelaku selfie pun tetap merasa percaya diri ketika membandingkan foto selfie mereka dengan orang lain. Akan tetapi pada hasil penelitian ini, ada juga yang menunjukkan kurangnya kepercayaan diri dari pada remaja yang merasa terobsesi untuk mendapatkan hasil foto selfie yang bagus. Dari puluhan hasil foto selfie, hanya beberapa saja yang dipilih untuk di edit kemudian baru mengunggahnya ke instagram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:14
Last Modified: 31 Mar 2016 02:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo