UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI BENTUK EMOTIONAL ABUSE PADA REMAJA PEREMPUAN YANG MENGALAMI KECEMASAN DALAM HUBUNGAN BERPACARAN

Arini, Lale Agit Diah (2016) IDENTIFIKASI BENTUK EMOTIONAL ABUSE PADA REMAJA PEREMPUAN YANG MENGALAMI KECEMASAN DALAM HUBUNGAN BERPACARAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu jenis kekerasan yang paling merusak dan menjadi pengantar untuk kekerasan yang lebih berbahaya dalam hubungan berpacaran adalah kekerasan psikis atau emotional abuse. Emotional abuse merupakan tindakan yang dilakukan oleh salah satu pasangan secara terus menerus berupa merendahkan harga diri pasangannya, menghancurkan benda-benda yang sangat berarti bagi pasangannya, dan mengintimidasi.Salah satu efek bagi korban emotional abuseadalah munculnya kecemasan akibat tekan-tekanan dari perilaku emotional abuse secara terus- menerus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atau mengidentifikasi bentuk-bentuk emotional abuse dalam hubungan berpacaran.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa di SMK 2 Muhammadiyah Malang yang dipilih menggunakan teknik Purvosiv Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala emotional abusedan skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dengan kategori ringan memiliki bentuk emotional abuse yakni dominasi 9%, krisis 25% dan kombinasi dengan kecendrungan subjek memiliki lebih dari 1 bentuk emotional abuse sebanyak 66%. Kecemasan kategori sedang memiliki bentuk emotional abuse yakni dominasi 18%, krisis 7% ,isolasi 12% dan kombinasi 63%. Pada kategori kecemasan berat memiliki bentuk emotional abuse yakni dominasi 25%, kombinasi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kecendrungan berbagai bentuk emotional abuse pada korban yang mengalami kecemasan dalam hubungan berpacaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 31 Mar 2016 01:59
Last Modified: 31 Mar 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23794

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo