UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SELF EFFICACY DALAM MENGAJAR DENGAN STRES KERJA PADA GURU KELAS INKLUSI

Rodliati, Marshush (2016) HUBUNGAN SELF EFFICACY DALAM MENGAJAR DENGAN STRES KERJA PADA GURU KELAS INKLUSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah inklusi merupakan suatu pendidikan dimana seluruh siswa dengan kebutuhan khusus bisa diterima bersekolah di sekolah reguler bersama siswa-siswa normal serta mendapatkan layanan pendukung pendidikan khusus yang sesuai dengan kebutuhannya. Guru merupakan instrumen utama di sekolah inklusi. Keberhasilan murid berasal dari keyakinan guru untuk mendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dalam mengajar dengan stres kerja yang dialami guru kelas inklusi. Penelitian menggunakan pendekata kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala Teacher Self-Efficacy Scale dan Teacher Stress Inventory. Subjek penelitian berjumlah 100 guru yang mengajar di kelas inklusi, guru kelas dan guru mata pelajaran, serta bukan Guru Pendamping Khusus (GPK). Motede sampling yang digunakan dengan quota sampling. Lokasi penelitian di kota Malang sebanyak 13 Sekolah Dasar, negeri maupun swasta yang menerapkan program inklusi dan memiliki murid inklusi. 5 SD dari kecamatan Klojen dan 8 SD dari kecamatan Lowokwaru. Analisis data dengan product-moment Pearson. Hasilnya, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dalam mengajar dengan stres kerja pada guru kelas inklusi. Dengan penjabaran, Koefisiensi korelasi (r) = -0,217 dengan probability error (p) 0,03 (p = 0,03 < 0,05). Hal ini berarti semakin tinggi self efficacy guru dalam mengajar maka semakin rendah stres kerja yang dialami guru inklusi, atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 31 Mar 2016 01:55
Last Modified: 31 Mar 2016 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23789

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo