UMM Institutional Repository

i PESAN DAKWAH ISLAM DALAM SINETRON KOMEDI (Analisis Isi Pada Sinetron Preman Pensiun 2 Karya Aris Nugraha di RCTI Episode 1-20)

Al Farizi, Salman (2016) i PESAN DAKWAH ISLAM DALAM SINETRON KOMEDI (Analisis Isi Pada Sinetron Preman Pensiun 2 Karya Aris Nugraha di RCTI Episode 1-20). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-salmanalfa-42261-1-pendahul-n.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-salmanalfa-42261-2-2.babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesan Dakwah Islam, Sinetron Komedi, Analisis Isi,Banyaknya tayangan di televisi khususnya sinetron yang tidak mendidik sangat memprihatinkan, jarang sekali tayangan sinetron tersebut yang bisa dijadikan contoh. Hal ini mengarahkan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap sinetron komedi Preman Pensiun 2 di RCTI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar prosentase durasi kemunculan pesan dakwah Islam dan untuk mengetahui pesan dakwah apa saja yang ada pada tayangan sinetron komedi Preman Pensiun 2 di RCTI. Metode yang digunakan yakni analisis isi, dengan analisis isi dapat diketahui prosentase durasi kemunculan dan jenis pesan dakwah Islam apa saja yang terdapat pada sinetron tersebut. Sementara untuk unit analisis dalam dalam penelitian ini adalah per scene. Sedangkan untuk satuan ukur menggunakan satuan detik. Dan untuk sumber data adalah berupa video sinetron komedi Preman Pensiun 2 yang telah peneliti unduh melalui situs youtube. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan telaah dokumen. Uji reliabilitas, peneliti melakukan pengkodingan dan meminta dua koder, lalu untuk mengukurnya digunakan rusmus Ole R.Holsty dan untuk menyempurnakan diperkuat dengan hasil reliabilitas menggunakan formula scoot dengan menggunakan Pi Indeks. Berdasarkan pada hasil penelitian ini. Dari 20 episode yag dijadikan sampel yakni episode 1 sampai dengan episode 20 tersebut ditemukan kemunculan jenis pesan dakwah syariah sebanyak 41 kali dan untuk pesan dakwah akhlak sebanyak 30 kali, sedangkan pesan dakwah akidah tidak ada. Diketahui total durasi selama 20 episode adalah 47.160 detik, dengan 684 detik mengandung pesan dakwah Islam dari total keseluruhan durasi. Pesan dakwah syariah muncul selama 366 detik yang didominasi oleh pesan dakwah ibadah ix muammalah. Sedangkan pesan dakwah akhlak muncul selama 318 detik yang didominasi oleh pesan akhlak kepada orang lain Kesimpulan dari penelitian ini yakni, dari total keseluruhan durasi hanya sebesar 1,5% dari durasi 20 episode . maka dapat dilihat bahwa tayangan sinetron komedi Preman Pensiun 2 memuat pesan dakwah Islam yang masih tergolong sedikit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:01
Last Modified: 31 Mar 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo