UMM Institutional Repository

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK

SUGIHARTO, HARRY (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses belajar perkuliahan, mahasiswa tidak terlepas dari adanya teman kuliah. Teman menyediakan dukungan sosial dan nasehat yang memberikan informasi. Dukungan sosial dari teman dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa, dengan adanya dukungan sosial membantu individu khususnya mahasiswa untuk menyelesaikan studi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional menggunakan model skala likert.Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial teman dan skala prokrastinasi akademik.Analisa penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment.Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 mahasiswa dengan menggunakan convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa (r = -0,509; p = 0,000). Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman pada seseorang, maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dialami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 30 Mar 2016 12:19
Last Modified: 30 Mar 2016 12:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23753

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo