UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGHINDARAN KETIDAKPASTIAN DENGAN INTENSI MENABUNG PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)

Puspitasari, Nonik Fariza (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGHINDARAN KETIDAKPASTIAN DENGAN INTENSI MENABUNG PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menabung merupakan aktifitas yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan yang akan ada dimasa depan. Menabung dapat dikatakan sebagai jaminan yang berkaitan dengan investasi berjangka panjang. Kebutuhan dimasa yang akan datang tidak dapat diprediksi seperti halnya kepastian dalam hidup seseorang, maka dari itu seseorang akan cenderung melakukan penghindaran ketidakpastian karena adanya ketidakjelasan hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa kecemasan terhadap ketidakpastian tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penghindaran ketidakpastian dengan intensi menabung pada PNS. Penelitian ini dilakukan terhadap 176 orang PNS Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Teknik pengambilan data dengan cara menyebarkan skala yang dibuat oleh peneliti sendiri dimana intensi menabung dengan berlandaskan teori oleh Fishben & Ajzen (1975) dan teori Hofstede (2005) pada skala penghindaran ketidakpastian. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara penghindaran ketidakpastian dengan intensi menabung (R=0,577; p=0,000). Pada individu dengan penghindaran ketidakpastian yang tinggi maka individu tersebut juga memiliki intensi menabung yang tinggi, dan sebaliknya individu yang memiliki penghindaran ketidakpastian yang rendah maka memiliki intensi menabung yang rendah pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 Mar 2016 10:54
Last Modified: 30 Mar 2016 10:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23656

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo