UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA

SAFITRI, ERLINA (2015) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa merupakan individu yang memiliki banyak sekali kegiatan sehari-hari seperti menjalani perkuliahan penuh, menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan, pratikum dan organisasi. Bagi mahasiswa yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik, hal tersebut akan menjadi hambatan yg dapat memicu kecemasan. Individu yang cemas merasa tegang atau sulit untuk merasa relaks, sehingga sulit untuk melakukan tidur yang akan mempengaruhi siklus tidur dan kualitas tidurnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif uji korelasi product moment dengan teknik sampling insidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa dengan nilai signifikan p = 0,000 (p < 0,01) dan nilai koefisien korelasi r = 0,348. Sumbangan efektif kecemasan terhadap kualitas tidur pada mahasiswa adalah sebesar 12,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 Mar 2016 08:45
Last Modified: 30 Mar 2016 08:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo