UMM Institutional Repository

SOLIDARITAS SOSIAL KOMUNITAS UNDERGROUND MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Hidayat, Wahyu Rizal (2016) SOLIDARITAS SOSIAL KOMUNITAS UNDERGROUND MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyurizal-41994-1-pendahul-n.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyurizal-41994-2-babi.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Solidaritas Sosial Komunitas Underground Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang”. Komunitas underground ini merupakan suatu komunitas yang melakukan pergerakan secara diam-diam atau tidak diketahui banyak orang. Mereka tidak ingin memilih jalur formal untuk mendirikan suatu perkumpulan. Sisi lain komunitas para pecinta musik cadas ini memang sangat mengedepankan kemandirian, begitu pula dengan cara mereka dalam menghasikan karya. Beberapa hal yang menjadi rumusan masalah penelitian adalah bagaimana bentuk dari solidaritas sosial komunitas underground dan apa sajakah faktor yang menjadikan mahasiswa komunitas underground Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan solidaritas? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari kegiatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam komunitas underground dan untuk mengetahui faktor yang menjadikan mahasiswa komunitas underground melakukan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dengan teori utama adalah solidaritas sosial milik Emile Dhurkheim. Menjelaskan bahwa solidaritas sosial atau kesetiakawanan sosial merupakan suatu konsep yang menunjukkan hubungan antar manusia saja. Kesetiakawanan sosial merupakan hubungan persahabatan dan berdasar atas kepentingan yang sama dari semua anggota. Lokasi penelitian dilaksanakan di kampus Universitas Muhammadiyah Malang, tepatnya di jalan Jl. Raya Tlogomas No.246, Malang, Jawa Timur 65144. Dasar teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan solidaritas sosial meliputi, melakukan konser amal, membantu korban bencana alam, dan melakukan kegiatan sosial sesama komunitas underground. Sedangkan faktor yang menjadikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang adalah mahasiswa yang tergabung di komunitas underground mempunya jiwa sosial dan mereka ingin membantu sesama manusia. Selain itu faktor yang menghambat dalam melakukan kegiatan solidaritas sosial adalah masalah mundurnya jam acara, cuaca tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:55
Last Modified: 30 Mar 2016 07:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo