UMM Institutional Repository

DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYANDANG CACAT NETRA DI UPT REHABILITASI SOSIAL CACAT NETRA MALANG

Hadi, Ahmad Abdul (2015) DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYANDANG CACAT NETRA DI UPT REHABILITASI SOSIAL CACAT NETRA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadabdul-39796-2-babi_a.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadabdul-39796-1-cover_a.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pentingnya pendidikan bagi anak sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik. Anak merupakan aset bagi perjalanan roda kehidupan yang akan mengantarkan dan menentukan perkembangan bangsa ini dimasa depan. Dusun Tamanan, Desa Randugong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan masih banyak anak yang tidak tuntas wajib belajar sampai 12 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika orang tua dalam upaya memenuhi pendidikan anak dan untuk mengetahui upaya orang tua dalam mengatasi problematika pemenuhan pendidikan bagi anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Pendekatan ini pula sebagai prosedur pemecah masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi atau menyelidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan suatu sebyek penelitian (Orang tua yang anaknya tidak tuntas wajib belajar sampai 12 tahun, anak berusia 0-18 tahun yang tidak tuntas wajib belajar sampai 12 tahun, Kepala Dusun, dan Kepala Desa). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Berdasarkan data yang ada, penulis berupaya mendeskriptifkan atau menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika orang tua dalam upaya pemenuhan pendidikan anak di Dusun Tamanan Desa Randugong Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur masih belum teratasi. Tidak terlalu menjadi masalah bagi orang tua menyekolahkan anaknya di tingkat pendidikan TK, namun ke jenjang lebih tinggi (SD, SMP, SMA) itu yang menjadi masalah, dari segi problematika ekonomi orang tua tidak mampu untuk membiayai pendidikan anaknya dan dari segi problematika sosial banyak dilingkungannya anak yang tidak sekolah. Hambatan-hambatan tersebut yang menyebabkan belum teratasinya problematika orang tua dalam upaya pemenuhan pendidikan bagi anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:47
Last Modified: 30 Mar 2016 07:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23575

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo