UMM Institutional Repository

MANAJEMEN ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL BIDANG PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG

Hasan, Amirul Hayat bin (2015) MANAJEMEN ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL BIDANG PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirulhaya-40616-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirulhaya-40616-2-babi--n.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Manajemen Organisasi Pelayanan Sosial di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang yang dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti akan sekolah-sekolah Muhammadiyah yang berada di ambang kebangkrutan dan dipertanyakan kelangsungan hidupnya. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana manajemen organisasi pelayanan sosial di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dan (2) apa saja faktor pendukung dan penghambatnya dalam menyelenggarakan pendidikan di Kota Malang. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan manajemen organisasi pelayanan sosial bidang pendidikan di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dalam menyelenggarakan pendidikan di Kota Malang. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kota Malang dengan subyek penelitian yaitu Majelis Dikdasmen PDM Kota Malang serta Pengelola SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen organisasi pelayanan sosial yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang yang dilihat dari aspek-aspek manajemen pelayanan sosial yang terdiri dari aspek kepemimpinan (kepala sekolah), sumber daya manusia, perencanaan strategik dan sumber dana. Kepemimpinan yang dipegang penuh oleh Kepala Sekolah mempraktikkan berbagai tipe kepemimpinan sesuai dengan kondisi dan situasi yang sedang berlangsung. Sumber daya manusia yang dimiliki sangat minim yang dilihat berdasarkan struktur organisasi dan jumlah guru yang datang setiap harinya, sumber dana yang didapat dari dua sumber yakni dari dana BOS (daerah dan nasional) dan dari Universitas Muhammadiyah Malang yang mana dana tersebut digunakan untuk segala operasional sekolah dan masih minim. Perencanaan strategik yang disusun hanya visi dan misi saja. Aspek tujuan, strategi yang akan diambil serta nilai-nilai dalam organisasi belum disusun. Esensinya manajemen organisasi pelayanan sosial di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang masih belum melakukan secara penuh aspek-aspek manajemen organisasi pelayanan sosial yang terlah disebutkan di atas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare (72201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:34
Last Modified: 30 Mar 2016 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23568

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo