UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI SUAMI ISTRI DALAM HUBUNGAN PERNIKAHAN JARAK JAUH (Studi pada pasangan Buruh Migran desa Sumberingin dusun Cangkring Kabupaten Trenggalek)

Feriyandari, Devi (2016) POLA KOMUNIKASI SUAMI ISTRI DALAM HUBUNGAN PERNIKAHAN JARAK JAUH (Studi pada pasangan Buruh Migran desa Sumberingin dusun Cangkring Kabupaten Trenggalek). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deviferiya-42282-1-pendahul-n.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deviferiya-42282-2-babi.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi dapat dipahami sebagai pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Pola komunikasi yang dijalani oleh masyarakat desa Sumberingin dusun Cangkring kabupaten Trenggalek adalah komunikasi dengan dipisahkan jarak dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali fenomena dan mendeskripsikan pola komunikasi suami dalam memelihara hubungan jarak jauh oleh pasangan suami istri buruh migran desa Sumberingin dusun Cangkring kabupaten Trenggalek. Teori yang digunakan peneliti ada pengembangan hubungan yang di kembangkan oleh Leslie Baxter dan Barbara Montgomerry dimana menurut Baxter pola komunikasi di bagi menjadi tiga bagian yaitu pola simetris, komplemen dan transisi dan pola komunikasi Model ABX yang dikemukakan Newcomb. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif yang berlandaskan studi kasus terhadap pasangan buruh migran desa Sumberingin dusun Cangkring kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan Wawancara (interview) dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh antara lain,(1) Pola komunikasi yang digunakan oleh sebagian besar pasangan suami istri buruh migran di desa Sumberingin dusun Cangkring dalam mempertahankan hubungan pernikahan jarak jauh adalah pola komunikasi dengan model ABX dengan hasil pola komunikasi yang simetris dan komplemen.Pola komunikasi yang simetris ketika mereka membicarakan hubungan pernikahan, nafkah, dan jalan-jalan bersama pasangan . yang komplemen ketika pasangan suami istri membicarakan seputar seks dan pola pengasuhan anak. Pola komunikasi Transisi hampir terjadi pada pasangan yang rumah tangga dalam masalah (2) Pola komunikasi yang simetris dan pola komunikasi yang komplemen terbentuk melalui asumsi bahwa setiap pola komunikasi yang sebagian besar pasangan ini terapkan telah mampu mengolah dan menegosiasikan kontradiksi-kontradiksi dalam hubungan pernikahan jarak jauh pasangan buruh migran desa Sumberingin dusun Cangkring kabupaten Trenggalek. Dan asumsi dapat memunculkan komunikasi yang komplemen membingkai hubungan hanya intim maksud dimana seorang istri berperan untuk patuh terhadap suami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:51
Last Modified: 30 Mar 2016 06:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23561

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo