UMM Institutional Repository

STRATEGI MARKETING COMMUNICATION BANK BTPN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TASETO (Studi pada Bagian Humas Bank BTPN Banjarmasin)

Ayugi, S, Rika (2016) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION BANK BTPN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TASETO (Studi pada Bagian Humas Bank BTPN Banjarmasin). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rikaayugis-42284-1-pendahul-n.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rikaayugis-42284-2-babi.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Persaingan usaha antar bank yang semakin tajam dewasa ini telah mendorong munculnya berbagai jenis produk dan sistem usaha dalam berbagai keunggulan yang kompettitif. Dalam situasi ini bank umum (konvensional) akan menghadapi persaingan dari kehadiran bank non konvensional maupun lembaga keuangan lainnya. Dasar kegiatan perbankan, kepercayaan masayarakat atau nasabah merupakan faktor utama dalam menjalankan bisnis perbankan. Dalam memasarkan atau mensosialisasikan produk perusahaan, Bank BTPN Banjarmasin menggunakan jasa Marketing Communication yang mempunyai ilmu dan seni dalam menarik minat masyarakat atau calon nasabah, Marketing Communication Bank BTPN harus mampu meyakinkan mereka bahwa tabungan lebih memberikan keuntungan dibandingkan program tabungan di bank lainnya. Disinilah seorang Marketing Communication harus menggunakan ilmu komunikasi yang dia miliki, karena berhasil tidaknya proses sosialisasi ini sangat bergantung pada strategi Marketing Communication dalam menarik minat calon nasabah. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Marketing Communication Bank BTPN Banjarmasin dalam meningkatkan jumlah nasabah Taseto? Dan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi Marketing Communication Bank BPTN Banjarmasin dalam meningkatkan jumlah nasabah taseto. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Marketing Communication dalam membangun dan mempertahankan citra baik perusahaan dan produk perusahaan baik di kalangan nasabah maupun calon nasabah. Peneliti menggunakan jenis kualitatif, dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif, yaitu memberikan gambaran, dengan tidak berupaya untuk menguji teori atau menarik kesimpulan tertentu dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Marketing Communication Bank BTPN dalam merubah sikap publik melelui even atau kegiatan untuk mendapatkan nasabah baru untuk Taseto, maka dengan penyebaran informasi yang seringkali melakukan even dan kegiatan lainnya yang sangat berdampak pada perkembangan jumlah nasabah Taseto di BTPN yang setiap tahun terus meningkat. Strategi Marketing Communication Bank BTPN dalam memberikan edukasi kepada masyarakat adalah dengan melakukan pembinaan hubungan yang harmonis antara pemimpin manajemen dengan para karyawan dan antara karyawan dengan nasabah. Strategi Marketing Communication dalam pengembangan layanan dengan melakukan pemberian bunga khusus untuk jumlah dana yang relatif besar walaupun mengakibatkan persaingan yang tidak sehat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:43
Last Modified: 30 Mar 2016 06:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23552

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo